Distamben Babel di Beltim tak Akan Keluarkan Surat Keterangan Produksi Tambang

Erzaldi dikabarkan meminta penghentian sementara itu dilakukan untuk melakukan restorasi aktivitas tambang di Pulau Belitung.

Distamben Babel di Beltim tak Akan Keluarkan Surat Keterangan Produksi Tambang
Pos Belitung/dok
Kendaraan melewati banjir di ruas jalan dekat jembatan ujung Lintang, Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Rabu (19/7/2017) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Pejabat berwenang perwakilan Dinas Pertambangan dan Energi Bangka Belitung di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Harli Agusta (Kecang) mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah untuk tidak mengeluarkan surat keterangan produksi pertambangan timah.

Langkah ini diambil menyikapi pemberitaan Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan yang meminta menyetop segala jenis pertambangan timah, termasuk pasir di wilayah-wilayah tertentu selama dua minggu, terhitung sejak 28 Juli 2017.

Erzaldi dikabarkan meminta penghentian sementara itu dilakukan untuk melakukan restorasi aktivitas tambang di Pulau Belitung.

"Langkah ini kami ambil sampai ada arahan detail dari Pak Gubernur," kata pejabat Distamben Babel di Beltim, Harli Agusta (Kecang), Minggu (30/7/2017)

Kecang mengatakan, pihaknya mengambil langkah ini karena belum mendapatkan surat edaran dari Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan.

Pihaknya juga belum mengetahui teknis perintah Gubernur Babel tersebut. "Dengan adanya kabar ini, maka kami akan mengkonfirmasi untuk detail kebijakannya seperti apa dan menjawab secara utuh, apakah ini akibat adanya banjir, yang diambil dari tesis selama ini kegiatan pertambangan yang menyebabkan banjir. Atau untuk mengevaluasi. Kembali pelaksanaan kegiatan berdarrkan perencanaan tata wilayah yang benar," beber Kecang.

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan, pihaknya setuju dengan langkah Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan.

"Saya sependapat (dengan Gubernur Babel)," ujar Yuslih dihubungi Pos Belitung, Minggu (30/7/2017).(*)

Selengkapnya di versi Cetak Pos Belitung (Bangka Pos Group) Senin (31/7/2017) besok.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help