BangkaPos/

Dishub Pangkalpinang Mesti Punya Database Parkir Akurat, Ini Alasannya

Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang meminta Dinas Perhubungan segera memiliki database yang akurat terkait titik parkir.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang meminta Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang segera memiliki database yang akurat terkait titik parkir dan potensi pemasukan di masing-masing titik tersebut, bukan hanya sebatas perkiraan semata.

Hal ini, agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir meningkat.

"Baru-baru ini, kita melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangerang Selatan, di sana ternyata sempat menaikkan jumlah PAD hingga empat kali lipat di tahun 2015-2016 dibandingkan tahun sebelumnya setelah dilakukan pendataan yang mendalam. Kita harap di Pangkalpinang juga seperti itu, atau minimal mendekati," ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady kepada bangkapos.com, Senin (31/7/2017).

Selama ini, menurut Rio jumlah PAD dari retribusi parkir di Pangkalpinang dengan nilai masih dibawah Rp 1 miliar sudah tidak relevan mengingat jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat setiap tahun, terlebih lagi Pangkalpinang merupakan ibukota provinsi.

"Kita minta ada kajian dan riset di lapangan. Selain itu, memberikan sosialisasi kepada masyarakat soal tarif parkir yang selama ini masih membingungkan masyarakat karena nilainya beragam. Sekaligus memberikan pembekalan kepada juru parkir terkait tarif dan segala sesuatu yang berhubungan dengan perparkiran," kata Rio Setiady.

Penulis: zulkodri
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help