BangkaPos/

Thew Fu Fa Terbuat dari Kacang Kedelai dengan Sirup Jahe Merah, Enak dan Menyehatkan

Thew fu fa yang bahasa Indonesia dikenal kembang tahu merupakan makanan khas warga Tionghoa

Thew Fu Fa Terbuat dari Kacang Kedelai dengan Sirup Jahe Merah, Enak dan Menyehatkan
bangkapos
Novi pedagang kembang tahu thew fu fa 

BANGKAPOS.COM--Thew fu fa yang bahasa Indonesia dikenal kembang tahu merupakan makanan khas warga Tionghoa. Sajian ini begitu disukai karena citarasanya yang sesuai dengan lidah siapa saja.
Thew fu fa terbuat dari kacang kedelai yang menjadi tahu yang sangat lunak, untuk menikmatinya kembang tahu diberi sirup gula aren yang dimasak dengan jahe.
Warga Pangkalpinang sudah cukup familiar dengan thew fu fa.  Panganan lezat ini juga disukai semula kalangan mulai anak-anak hingga orangtua. Rasa gula merah jahenya yang hangat ditenggorokan membuat orang begitu menyukai menu ini, terutama saat musim dingin.
Novi, salah seorang penjual thew fu fa yang kerap mangkal di Jalan A Yani Dalam (Pasar Pagi) Pangkalpinang merupakan pedagang kembang tahu yang cukup laris. Untuk membawa dagangannya ia hanya menggunakan motor yang ditaruh gerobak kecil di belakangnya. Untuk mencarinya cukup mudah, ia kerap mangkal tepat di seberang jalan Masjid Pasar Pagi.
"Saya jualan shif dua kali sehari, pagi jam 7 hingga pukul 10, lanjut sore pukul 4 hingga jelang magrib," ujarnya kepada bangkapos.com, Selasa (1/8).
Kembang tahu yang ia jual menggunakan cup gelas yang memang dikemas untuk dibawa pulang.
Novi mengatakan, kembang tahu ini dibuat oleh sang istri menggunakan bahan serba alami. Seperti kacang kedelai dan jahe merah sebagai sirupnya.
"Semua bahannya alami, tanpa pengawet. Kami bikinnya juga gak banyak, sekali jualan habis, kemudian bikin lagi," ujarnya seraya menyebutkan kembang tahu ini dijual Rp5.000.
Kembang tahu merupakan salah satu produk yang dihasilkan pada saat pembuatan produk tahu, yaitu lapisan tipis yang terbentuk pada saat susu kedelai mengalami proses pemanasan, dimana bagian ini adalah bagian yang mengapung-apung pada susu kedelai. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kembang tahu merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai yang sangat banyak mengandung berbagai macam nutrisi seperti protein, zat besi, mangaan, selenium, fosfor, serta aneka nutrisi lainnya.
Kandungan nutrisi dalam kembang tahu yang disajikan antara lain adalah :
Energi, protein, lemak, Karbohidrat dan Kalsium.
Manfaat dari kembang tahu sangat baik dikonsumsi bagi para pasien, terutama bagi mereka yang baru saja menjalani proses operasi guna memulihkan kesehatan. Dapat membantu merangsang keluarnya ASI dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Sedangkan air jahe merah, kandungan pada jahenya bisa berperan sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh, sehingga baik untuk jantung.

Penulis: khamelia
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help