Mahasiswa Agribisnis UBB Sukses Bikin Delapan Buku, Empat Buku Mengupas Bangka Pos

Usia boleh muda, tapi soal meraih prestasi jangan disepelekan. Boleh jadi ungkapan ini cocok untuk disematkan kepada 44 mahasiswa semester 2

Mahasiswa Agribisnis UBB Sukses Bikin Delapan Buku, Empat Buku Mengupas Bangka Pos
istimewa
44 mahasiswa Prodi Agribisnis UBB sukses membikin delapan buku tentang jurnalistik media cetak dan televisi. Buku itu disusun dari praktik dan kuliah lapangan di Harian Pagi Bangka Pos dan TVRI Bangka Beelitung. Tampak dalam gambar mereka menunjukkan hasil karyanya di ruang kerja UBB Press. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dodi

BANGKA, BANGKAPOS.COM --  Usia boleh muda,  tapi soal meraih  prestasi jangan disepelekan.   Boleh jadi  ungkapan  ini cocok untuk disematkan kepada 44 mahasiswa semester 2 Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) UBB. 

Apa pasal?  Nah, meski tercatat  baru setahun lebih diterima dan  duduk di bangku perguruan tinggi,  mereka ternyata sudah mampu membikin  delapan buku teks.  Tak sembarangan, buku teks itu   tentang jurnalisme media cetak dan televisi.

“Buku ‘gres’ itu terhasil dari praktik atau kuliah  lapangan tentang komunikasi massa  Maret lalu.  Masing-masing 22 mahasiswa  di Harian Pagi Bangka Pos-Kelompok Kompas Gramedia (KKG), dan Televisi RI Stasiun Bangka Belitung,” ujar Eddy Jajang J Atmaja, dosen pengampu matakuliah Komunikasi di UBB,  Kamis  (03/08/2017) pagi.

Mata kuliah Komunikasi yang diberikan punya bobot tiga satuan kredit semester (sks), mensyaratkan mahasiswa melaksanakan praktik lapangan.  Agar mahasiswa memiliki perspektif dan pengalaman  yang lengkap, pengampu mata kuliah memutuskan  memilih industri media cetak (print media) dan televisi.  

“Logika akademisnya bahwa Bangka Pos dan TVRI itu  mewakili media cetak dan televisi arusperdana di Bangka Belitung.  Kedua media punya ‘gatekeeper’ (penjaga gawang-red) yang ‘mumpuni’ dan mampu membagikan pengalaman jurnalistiknya  kepada mahasiswa kami,” tukas Eddy Jajang.

Praktik atau kuliah lapangan berlangsung seharian penuh di Ruang Redaksi TVRI Bangka Belitung di Perkantoran Pemprov Babel, Air Itam, Pangkalpinang,   27 Maret 2017 lalu.   Mahasiswa Agribisnis  UBB mendapat banyak  masukkan seputar media televisi dari Kepala Seksi Berita Emerzon, Kasi Teknik M Ali Tuahuns dan Kasi Program dan Pengembangan Usaha Marjoni.

Tiga hari berikutnya, 30 Maret 2017,  mahasiswa Prodi Agribisnis  UBB diterima Wakil Pemimpin Redaksi (Wapimred) Bangka Pos Syarief Dayan, News Manager Dodi Hendriyanto dan Koordinator Liputan Khusus (Korlipsus) Ismet Siregar,  di Ruang Redaksi Bangka Pos, Jalan KH Abdurrahman Sidik- Pangkalpinang.

“Dari Bangka Pos mahasiswa kami banyak memeroleh informasi  seputar  kebijakan redaksional, bisnis, teknik pembuatan berita, sejarah Bangka Pos,  dan  sirkulasi  koran KKG di Bangka Belitung. Termasuk diajak masuk  ke ruang percetakkan, dan menyaksikan langsung  bagaimana koran dicetak,” ujar Eddy Jajang.

Dari kuliah atau praktik lapangan di kedua media  itu,   44 mahasiswa Prodi Agribisnis berhasil menyusun delapan buku teks.  Masing-masing empat buku tentang TVRI Bangka Belitung, dan empat buku lainnya tentang Harian Pagi Bangka Pos.

Empat buku tentang TVRI Bangka Belitung  berjudul “Bisnis Pertelevisian TVRI Bangka Belitung”,  “Kebijakan Redaksional TVRI Bangka Belitung”, “Media Massa Membedah TVRI Bangka Belitung” dan “Teknik Pembuatan Berita TVRI Bangka Belitung”.

Sementara  empat buku dari praktik lapangan di Harian Pagi Bangka Pos, berjudul “Strategi Bisnis Bangka Pos”,  “Sejarah Bangka Pos”,  “Teknik Pembuatan dan Penulisan Berita”, dan “Mengupas Lingkup Redaksi  Bangka Pos”. Kedelapan buku teks itu telah diserahkan dan menjadi koleksi  Perpustakaan UBB.

Penulis: dodi hendriyanto
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help