Bupati Mengaku Banyak yang Iseng Sehingga Terjadi Empat Kali

Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menerima penghargaan Piala Adipura untuk Kota Sungailiat di Jakarta mendapat pesan khusus

Bupati Mengaku Banyak yang Iseng Sehingga Terjadi Empat Kali
ist
Kebakaran yang terjadi di Pantai Rebo,Jumat (4/8/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA --- Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menerima penghargaan Piala Adipura untuk Kota Sungailiat di Jakarta mendapat pesan khusus dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya agar jangan sampai terjadi kebakaran hutan di Kabupaten Bangka.

Namun menjelang musim kemarau baru-baru ini sudah terjadi empat kali kebakaran hutan yakni di Lintas Timur, Bukit Parai, semak belukar di Jalan Laut Kelurahan Matras dan sekarang terjadi di semak belukar Pantai Matras.

"Kita harus awasi itu karena banyak yang iseng kemudian termasuk kebakaran yang lain itu yang khusus maka agak lama saya salaman dengan beliau (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya). Jadi katanya kebakaran tidak boleh terjadi," tegas Tarmizi kepada bangkapos.com, Jumat (4/8/2017).

Untuk itu ia akan membentuk tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka.

Untuk penanggulangan bencana kebakaran disamping koordinasi juga menurutnya, fasilitas untuk pemadam kebakaran perlu disiapkan. Namun diakuinya jumlah petugas damkar masih belum memadai maka semua dilibatkan termasuk pihak TNI/Polri sebelumnya BPBD.

Dikatakannya jika ada yang tertangkap sengaja melakukan pembakaran hutan maka akan ditindak tegas dan diserahkan kepada aparat penegak hukum untuk diproses secara hukum.

"Harus ada tindakan tegas untuk shock terapi," tegas Tarmizi.

Untuk itu perlu disosialisasi ke masyarakat mengenai kebakaran dan pentingnya menjaga kelestarian hutan ini, baik di tingkat siswa PAUD, saat khutbah Jumat di masjid, ibadah umat Kristiani di gereja, di vihara, spanduk dan lainnya agar mengetahui sehingga masyarakat tidak dengan sengaja melakukan pembakaran yang menyebabkan hutan terbakar.

"Saya rasa itu tugas kita tidak bisa langsung harus bertahap," kata Tarmizi. (*)

Penulis: nurhayati
Editor: ismed
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved