Dinas Pangan Bangka Kembali Panen Cabai di Pekarangan Kantor

Dinas Pangan Kabupaten Bangka kembali panen cabai di perkarangan kantor, Sabtu (5/8/17).

Dinas Pangan Bangka Kembali Panen Cabai di Pekarangan Kantor
IST
Dinas Pangan Kabupaten Bangka kembali panen cabai di perkarangan kantor, Sabtu (5/8/17). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Pangan Kabupaten Bangka kembali panen cabai di perkarangan kantor, Sabtu (5/8/17).

Kali ini turut hadir memanen cabe Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Hj. Mina Tarmizi dan pengurus PKK lainnya.

Kepala Dinas Pangan H. Suhodo mengungkapkan panen cabai telah dilakukan beberapa kali oleh Dinas Pangan merupakan salah upaya dalam mendukung gerakan tanam cabai yang digiatkan pemerintah pusat.

Selain itu juga untuk membantu menstabilkan harga cabai yang beberapa waktu yang lalu harganya lumayan tinggi.

"Kita mencoba menggiatkan tanaman cabai baik itu Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bangka, maupun masyarakat," kata Suhodo melalui rilis Pemkab Bangka.

Selain itu juga lanjut mantan kepala dinas Kehutanan dan Perkebunan ini, panen cabai ini merupakan hasil dari memanfaatkan pekarangan di kantor.

"Kita dinas pangan, ya harus memberi contohlah terutama kepada kantor-kantor lainnya," katanya.

Suhodo juga mengharapkan kepada OPD yang telah mempunyai tanaman cabai diharapkan dapat merawat bibit cabai yg sudah dibagikan sehingga tumbuh subur dan menghasilkan.

"Kita tanam di polibag, dan gak terasa dalam waktu yang pendek sudah dapat menikmati hasil panennya dan kita harapkan juga OPD-OPD yang lain yang telah dibagikan bibitnya kemarin, dapat memetik hasilnya juga seperti yang dilakukan Dinas Pangan ini," katanya.

Jumlah cabai yg ditanam di pekarangan Dinas Pangan Kabupaten Bangka sebanyak 200 batang. Dan ini merupakan salah satu langkah dan upaya pemanfaatan pekarangan yang hasilnya cukup untuk memenuhi kebutuhan pegawai Dinas Pangan, sehingga tidak lagi membeli cabai utk kebutuhan rumah tangga.

"Ya Alhamdullilah, pegawai bisa memetik tanaman cabai dan bisa untuk dikonsumsi, masak sehari-hari," tukasnya.

Sementara itu, Hj. Mina Tarmizi mengatakan, panen cabai yang dilakukan Dinas Pangan Kabupaten Bangka ini memberi contoh kepada OPD yang lain untuk dapat memanfaatkan perkarangan kantor dan mendukung usaha pertanian tangguh.

"Ini bagus sekali, Green Officenya usdah mulai ada, dan tanamannya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga," katanya.

Penanaman tanaman cabai ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara PKK dengan Dinas Pangan serta lainnya dengan tujuan untuk menstabilkan harga dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help