BangkaPos/

Keluar Asap Hitam atau Biru dari Knalpot Mobil, Apa Artinya?

Memerhatikan warna gas buang hasil pembakaran yang ada pada knalpot mobil adalah sangat penting.

Keluar Asap Hitam atau Biru dari Knalpot Mobil, Apa Artinya?
Mobil 123.com
Kenali warna asap mobil 

Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam atau Biru, Apa Artinya?

BANGKAPOS.COM--Memerhatikan warna gas buang hasil pembakaran yang ada pada knalpot mobil  adalah sangat penting.

"Warna asap yang keluar tak melulu putih. Jika knalpot mobil (selain mesin diesel) mengeluarkan asap berwarna hitam, indikasi pembakaran tidak sempurna. Artinya bahan bakar terbakar secara berlebihan. Efek yang ditimbulkannya adalah borosnya konsumsi bahan bakar," ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor kepada Auto Bild.

Baca: Deteksi Kerusakan Mobil dari Warna Asap Knalpot

Yang perlu diperhatikan dalam menanganinya adalah filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar, dan fuel pressure regulator. Masalah ini biasanya mudah diperbaiki dan langkah perbaikan dapat diawali dengan melakukan tune-up.

Sedangkan asap warna biru merupakan gejala terbakarnya oli bersamaan dengan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin.

Menurut Iwan, masalah ini umum terjadi pada mobil yang sudah berumur, karena jarak tempuh dan dipercepat oleh riwayat penggunaan yang kurang baik, seperti terbiasa mengemudi dengan rpm tinggi, sehingga komponen yang bergesekan lebih cepat aus.

Hal yang perlu dialakukan secara cepat jika Anda mengalami hal seperti ini adalah memeriksa volume oli secara teratur dan tambahkan bila berkurang. Selama volume oli sesuai dengan kebutuhan, mobil masih dapat dikendarai. Namun, hal tersebut bukanlah solusi jangka panjang. Masalah ini pun cukup serius dan sebaiknya segera ditangani sebelum biaya perbaikan semakin membengkak.


Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help