BangkaPos/

Suwarno : Kalau Mau Serius Memajukan Olahraga, Babel Gelar POR Saja Dulu

Provinsi Bangka Belitung berperluang untuk menjadi tuan rumah dalam pagelaran PON 2024 mendatang, dengan syarat seluruh sarana dan prasarananya terpen

Suwarno : Kalau Mau Serius Memajukan Olahraga, Babel Gelar POR Saja Dulu
bangkapos/zulkodri
Wakil Ketua I KONI pusat, Mayjed (Purn) Suwarno 

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Provinsi Bangka Belitung berperluang untuk menjadi tuan rumah dalam pagelaran PON 2024 mendatang, dengan syarat seluruh sarana dan prasarananya terpenuhi.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua I KONI, Mayjed (Purn), Suwarno saat membuka dan menghadiri rapat tahunan anggota KONI Babel di Hotel Coldera Pangkalpinang, Sabtu (12/08/2017) siang.

"Kalau mau jadi tuan rumah PON 2024 harus ada dua tugas utama siapkan Venue (tempat pertandingan cabang olahraga) dan persiapkan atletnya. Kalau ini memenuhi syarat dan disetujui oleh 34 pengurus KONi di Indonesia maka bisa saja Babel jadi tuan rumah," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Suwarno Provinsi yang sudah mengajukan dan menyatakan menjadi tuan rumah yakni Aceh dan Sumatera Utara yang bergabung untuk menjadi tuan rumah, kedua adalah Provinsi Babel ini, yang diketahui dari keinginan Gubernurnya.

" Saran saya kalau benar serius, mulai sekarang hingga lima tahun kedepan, Gubernur sudah mulai buat kebijakan apa saja dari tahun ketahun, termasuk pembangunan venue dan sebagainya. Nanti akan kita lihat sampai sejauh mana kesiapan dan kemampuan daerahnya, apakah memenuhi persyaratan. Jadi masuk akal dan soliditas atas kemampuan Babel sendiri, jangan seperti di PON Riau kurang dari dua minggu kita masih menunggu enam venue yang belum selesai, PON Jawa Barat juga ada beberapa venue, ini tentu menganggu persiapan PON," ucapnya.

Dikatakan Suwarno, dengan digelarnya PON di suatu daerah akan berdampak positif terhadap daerah tersebut.

"Banyak multiplier effect, yang didapat seperti pariwisata. Kalau daerah yang hanya bersandar Sumber Daya Alam akan sulit. Saya sudah keliling di beberapa tempat, olahraga juga berkaitan dengan pariwisata. Bahkan PON sendiri versi orang Papua, adalah Pariwisata, Olahraga dan NKRI, itu versi mereka loh," ungkap Suwarno.

Kalaupun tidak menjadi tuan rumah dari PON, lanjut pensiunan jendral ini, alternatif lain kalau serius ingin memajukan olahraga di daerah.

Babel juga bisa menjadi tuan rumah dari Pekan Olahraga Remaja (POR) yang menghabiskan anggaran tidak terlalu besar, dan cabang olahraga yang dipertandingkan juga tidak terlalu banyak.

" Yang pertama mengelar Pekan Olahraga Remaja di Jawa timur itu cabor yang dipertandingkan hanya 15 cabor, anggaran juga tidak terlalu banyak. Event ini, tidak kalah strategisnya, kalau ini, saya yakin semua provinsi mampu, termasuk Babel," ucapnya. (Zky)

Penulis: zulkodri
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help