BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Dinilai Rampas Batas Wilayah dan Hak Masyarakat, Kuasa Hukum Pemdes Cit Gugat Perbup

Pihaknya menilai keputusan tersebut adalah suatu keputusan yang terkesan terburu-buru dan tidak melihat fakta sejarah

Dinilai Rampas Batas Wilayah dan Hak Masyarakat, Kuasa Hukum Pemdes Cit Gugat Perbup
Istimewa

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemerintah Desa Cit melalui Kuasa Hukumnya Budiyono dan Junaidi dari Advokat dan Konsultan Hukum pada kantor Budiyono & Associates
meminta Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Bupati Bangka H Tarmizi Saat untuk dapat meninjau ulang Peraturan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka.

Peninjuan Perbup tersebut ditegaskannya sangat penting sebelum pihaknya selaku Kuasa Hukum Pemerintah Desa Cit melakukan upaya perlawanan secara hukum.

"Sehubungan dengan telah terbitnya Peraturan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016 yang telah ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 1 Oktober 2016, maka dengan ini kami atas nama Pemerintah Desa Cit dengan tegas menyampaikan kepada Bupati Bangka Drs H Tarmizi Saat bahwa kami tidak sependapat dan menolak Keputusan Peraturan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016 tentang batas desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka yang telah keluarkan tersebut," tegas Budiyono dalam rilisnya kepada bangkapos.com, Minggu (13/8/2017).

Pihaknya menilai keputusan tersebut adalah suatu keputusan yang terkesan terburu-buru dan tidak melihat fakta sejarah yang sebenarnya mengenai batas–batas desa dan bukti-bukti administrasi lainnya.

"Akibatnya saat ini masyarakat yang dalam hal ini adalah Pemerintah Desa Cit telah mengalami kekecewaan yang mendalam atas ketidakcerdasan nurani bapak Bupati Bangka dalam hal mengeluarkan Peraturan Bupati Bangka Nomor 42 Tahun 2016 tersebut. Selain itu juga masyarakat Desa Cit dan pemerintah desa telah mengalami kerugian kerugian baik materil dan imateril," ungkap Budiyono.

Menurutnya, Masyarakat dan Pemerintah Desa Cit adalah masyarakat yang patuh dan taat atas peraturan dan perundangan yang ada di negara ini.

Begitu juga terkait dengan Peraturan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka yang telah di tetapkan dan diundangkan pada tanggal 1 Oktober 2016.

"Namun yang menjadi masalah saat ini Peraturan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016 tersebut telah merampas batas wilayah dan hak-hak masyarakat yang telah puluhan tahun atau selama ini kami urus dengan pengorbanan baik tenaga, waktu, harta dan pikiran kami," sesal Budiyono.

Pihaknya menilai Bupati Bangka telah lalai dalam hal proses pembuatan Peraturan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016 tersebut karena telah mengenyampingkan dan tidak mempertimbangkan berita acara kesepakatan internal mengenai Batas Desa Cit nomor : 1/190107.2004/BA/2015 tanggal 13 April 2015 yang telah di tetapkan oleh Tim Penetapan Dan Penegasan Batas Desa Cit.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help