BangkaPos/

September 2017, Belitung Dapat Status Geopark Nasional

Jika semua persyaratan sudah terpenunuhi maka penetapan status geopark nasional akan diberikan pada September

September 2017, Belitung Dapat Status Geopark Nasional
Istimewa
Rapat pemaparan usulan Geopark Belitong, Jumat (11/8/2017)

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomaritim) RI akan menurunkan tim yang terdiri dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Badan Geologi  untuk melakukan assesemen dan verifikasi lebih lanjut terhadap proposal pengajuan status Geopark Nasional Pulau Belitung.

Jika semua persyaratan sudah terpenunuhi maka penetapan status geopark nasional akan diberikan pada September 2017 mendatang. 

Hal ini diungkapkan Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kemenkomaratim, Dr. Safri Burhanuddin., DEA seusai menerima proposal pengajuan dossier (proposal) di Kantor Kemenkomar Jakarta, Jum'at (11/8) kemarin.

Proposal diantarkan langsung oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh, Plt. Sekda Beltim Evi Nardi, Ketua Badan Pengelola (BP) Pulau Belitong Dyah Erowati serta pejabat teras BP Geopark dari Pemkab Beltim dan Belitung.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua BP memaparkan tentang kemajuan Belitong Island Geopark (BIG).

Kemudian dilanjutkan oleh Resident Geologi BP BIG, Veriyadi yang  memberikan penjelasan tentang keunikan geologi Pulau Belitong.

Safri mengakui jika ada puluhan daerah yang bersatus aspiring geopark. Namun Geopark Pulau Belitong dianggap yang paling siap dan paling cepat progresnya.   

 "Jujur saja saya akui jika melihat dari apa yang telah dipaparkan, harus diakui bahwa dari beberapa usulan status nasional BIG adalah yang paling siap," kata Safri seperti dikutip dari rilis pers yang diterima Pos Belitung, Minggu (13/8/2017)

Namun menurutnya ada sedikit kekurangan seperti peningkatan infrastruktur pendukung di setiap geosite dan peningkatan kapasitas masyarakat setempat.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help