BangkaPos/

Setelah Jalan Inspeksi Dibangun, Kelurahan Opas Terlihat Lebih Indah

Kampung yang dulu dicap kumuh, tidak terawat kini terlihat lebih tertata dan rapi serta indah dipandang mata dengan dibangunnya

Setelah Jalan Inspeksi Dibangun, Kelurahan Opas Terlihat Lebih Indah
Bangkapos/Zulkodri
Pemandangan pembangunan Jalan Inpeksi di Kawasan Kelurahan Opas Indah Kota Pangkalpinang 

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Pemandangan berbeda terlihat di daerah Kampung Opas kelurahan Opas Indah Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Kampung yang dulu dicap kumuh, tidak terawat kini terlihat lebih tertata dan rapi serta indah dipandang mata dengan dibangunnya jalan inpeksi oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang bekerjasama dengan Satker pengembangan kawasan pemukiman Dirjend Cipta Karya Kementerian PU.

Kepala Disperkim Kota Pangkalpinang, Miego kepada bangkapos.com, Minggu (13/08/2017) mengatakan pembangunan jalan inpeksi yang saat ini  masih dibangun di sepanjang Sungai Rangkui ini merupakan program penanganan kawasan kumuh perkotaan atau yang dikenal dengan program Kota Tanpa Kawasan Kumuh (KOTAKU).

" Kampung Opas adalah salah satu titik kawasan kumuh di Pangkalpinang. Alhamdulillah secara perlahan, Kampung Opas kita rubah.," ucapnya.

Dikatakan Mie Go program "KOTAKU" skala Kota ini,  selain meminimalisir kawasan kumuh di Pangkalpinang.  Pembangunan jalan inspeksi ini,  bertujuan untuk mempermudah akses pengangkutan sampah, mobil pemadam kebakaran dan juga pengangkutan limbah rumah tangga.

"Selain untuk akses pengangkutan sampah dan juga untuk mobilisasi damkar, termasuk juga untuk akses mobil ambulan apabila ada penduduk yang sakit atau melahirkan. Kita ketahui kawasan itu,  padat penduduk dan banyak akses jalan yang kecil yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Dengan dibangunnya jalan inspeksi ini, sudah terbuka akses untuk itu semua. Yang tujuan akhirnya perekonomian masyarakat diharapkan bisa lebih meningkat," ungkap Miego.

Lebih lanjut dikatakan Mie Go, selain Kelurahan Opas Indah, pembangunan jalan inspeksi ini juga akan dibangun di Kampung Seberang dan Kelurahan Genas.

Pembangunan ini, katanya, sebagai bukti bahwa pemkot sangat berkomitmen dalam hal penataan perumahan dan kawasan permukiman kumuh melalui program Sasaran Sekawan Sejahtera (3S), pengembangan fasum, pembangunan dan peningkatan rumah tidak layak huni, penataan bangunan, aksesibilitas, pengelolaan air bersih, limbah dan sampah.

"Perlu diketahui bersama Disperkim Pangkalpinang dalam mendukung program Pemerintah Kota Pangkalpinang selalu berkoordinasi dengan satker bangkim, PPLP, PBL dan satker perumahan serta organisasi perangkat daerah terkait, sehingga pembangunan yang kita laksanakan tepat sasaran," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: zulkodri
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help