Dinas Pariwisata Babel Dukung Pantai Tengkalat Jadi Geo Wisata

Di wilayah pulau Bangka khususnya di Kabupaten Bangka bagian utaranya memang terdapat batuan metamorf. Nah ini sangat

Dinas Pariwisata Babel Dukung Pantai Tengkalat Jadi Geo Wisata
Bangkapos/Ryan Agusta
Kabid Destinasi Dinas Pariwisata & Kebudayaan Prov Babel, Yuliarsyah 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Potensi sumber daya di wilayah Kabupaten Bangka memang tak kalah dibanding daerah lainnya, bahkan potensi sumber alam di kabupaten setempat pun kini menjadi perhatian serius pihak intansi Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Potensi tersebut satu diantaranya yakni kawasan sepanjang pesisir pantai Dusun Pejem - Tengkalat di lingkungan Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka kini ditemukan terdapat beragam jenis batuan metamorf.

"Di wilayah pulau Bangka khususnya di Kabupaten Bangka bagian utaranya memang terdapat batuan metamorf. Nah ini sangat menarik untuk dijadikan objek wisata alam," kata Kepala Dinas Pariwisata & Budaya Provinsi Babel, M Rivai yang disampaikan oleh Kasi Daya Tarik Wisata Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Babel, Yuliarsyah, Senin (14/8).

Ia sendiri memberikan apresiasi positip terhadap kegiatan yang dilakukan oleh kelompok para pecinta alam asal Maraspala Babel termasuk para peneliti (Geologis) asal Universitas Gajah Mada (UGM) & Universitas Padjajaran (UNPAD) baru-baru ini telah melakukan survai ke lokasi 'Taman Batu' (Geopark) di sepanjang kawasan pantai Dusun Pejem - Tengkalat, Belinyu.

Tak cuma itu kawasan sepanjang pantai Pejem - Tengkalat, Belinyu pun tak menutup kemungkinan ke depan dapat diusulkan sebagai kawasan Geopark lantaran di lokasi itu terdapat beragam jenis batuan metamorf seperti halnya di pulau Belitung.

Hanya saja menurutnya usulan penetapan kawasan sepadan pantai Dusun Pejem, Tengkalat dan sekitarnya sebagai kawasan Geopark haruslah didukung penuh oleh pemerintah daerah setempat selain peran serta masyarakat di daerah setempat yang senantiasa menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar.

"Intinya semua itu ada di masyarakat daerah itu sendiri sedangkan pemerintah daerah sifatnya hanya membuat suatu kebijakan," terangnya.

Ditegaskanya lagi penetapan suatu kawasan untuk dijadikan sebagai kawasan Geopark tentunya tidak mudah sebaliknya mestilah melalui proses diantaranya kawasan dimaksud mencakup sejumlah unsur diantaranya sisi flora dan faunanya selain sisi budaya masyarakat di daerah itu sendiri.

Dalam kegiatan survai yang dilakukan oleh kelompok para pecinta alam (Maraspala Babel) bersama para Geologis, Sabtu (12/8) lalu di kawasan sepadan pantai Pejem - Tengkalat, Belinyu sempat menemukan beragam bentuk dan ukuran batuan metamorf terdapat di suatu hamparan yang cukup luas di sisi pinggiran kawasan pantai Pejem - Tengkalat, Belinyu.

Halaman
123
Penulis: ryan augusta
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help