Home »

Lokal

» Bangka

Ternyata Sirup Buah Mangrove Itu Enak dan Lezat

Buah Pedada yang bila dikecap rasanya asam dan sepat, kini berubah 180 derajat: menjadi sirop manis dan enak.

Ternyata Sirup Buah Mangrove Itu Enak dan Lezat
Istimewa
Wakil Rektor II UBB Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc (tengah) didampingi mahasiswa KKN UBB di Desa Tukak, Bangka Selatan, mencoba dan menunjukkan sirup  buah  tanaman mangrove  dan ‘Salto’ (Presto Ikan Selangat) karya mahasiswa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Buah Pedada (Sonneratia caseolaris) yang bila dikecap rasanya  asam dan sepat, kini berubah 180 derajat menjadi sirup manis dan enak.

Sementara Ikan Selangat yang dikenal banyak  tulang, kini kian lezat setelah menjadi diolah menjadi presto.

Perubahan bentuk dan  rasa  secara ‘revolusioner’ itu terjadi  berkat ‘tangan dingin’  para mahasiswa UBB,  yang kini tengah KKN di Desa Tukak, Bangka Selatan (Basel).

“Sirop Mangrove dan Presto Ikan Selangat itu akan  menjadi salah satu dari sekian produk yang kita jual  di Konter Unit Bisnis UBB!,” ujar Warek II UBB Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc dalam rilis yang disampaikan kepada bangkapos.com, Rabu (16/8/2017).

Sebelumnya pada Rabu (8/8/2017) lalu Warek II UBB melakukan ‘sidak’ ke Posko KKN Desa Tukak.  Ia disuguhi mahasiswa  sirup  Mangrove dan ‘Salto’ --  kependekan dari Selangat (ikan) yang diolah menjadi presto.

“Rasanya manis-segar, dan enak!,” komentar Agus setelah mencicip  sirup Mangrove dan ‘Salto’.

Prof Dr Agus memuji kreativitas mahasiswa UBB  yang KKN di tepi pantai Tukak ini. Pasalnya,  mereka berhasil mengolah buah Pedada yang banyak dijumpai di dalam  hutan  Mangrove.

Begitu pula Ikan Selangat yang banyak ditemukan di perairan Tukak, kini bernilai ekonomi lumayan tinggi, setelah diolah menjadi presto.

Cici, salah seorang mahasiswa KKN UBB, menjelaskan muasal ide ini muncul setelah mereka membaca sejumlah literatur tentang tanaman Mangrove.

“Ternyata,  khasiat  yang tersimpan dari buah  Pedada banyak sekali.   Bisa sebagai obat darah tinggi, dan  gondok.  Pedada   juga  kaya vitamin C, dan mengandung yodium,”  terang Yunita.

Halaman
12
Penulis: Dody
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help