Aktivitas Tambang Harus Sesuai Daya Dukung Lingkungan

Tidak ada niat untuk menghentikan aktivitas tambang. Yang menjadi penekanan saya adalah penghentian ini hanya pada masa

Aktivitas Tambang Harus Sesuai Daya Dukung Lingkungan
Istimewa
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan 

Laporan wartawan Bangka pos Ismed HS

BANGKAPOS.COM, BANGKA --UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan kewenangan sektor energi dan sumber daya mineral berada di provinsi.

Dari kejadian banjir di pulau Belitung, Pemerintah Provinsi Babel melihat bahwa daya dukung lingkungan tidak mampu untuk menampung debit air yang tinggi akibat hujan yang terus menerus selama 3 hari.

Menurut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menilai bahwa aktivitas tambang menjadi pemicu terjadinya banjir.

Pada masa tanggap dan pasca darurat, pihaknya untuk sementara menghentikan dulu aktivitas pertambangan.

"Tidak ada niat untuk menghentikan aktivitas tambang. Yang menjadi penekanan saya adalah penghentian ini hanya pada masa tanggap darurat saja yaitu selama 2 (dua) minggu ," ujar Erzaldi ketika ditemui di sela-sela rangkaian peringatan HUT RI ke 72 di Kantor Gubernur Babel,  Rabu (16/8).

Sebelum memulai aktivitas pertambangan, Erzaldi berharap pihak-pihak yang berkepentingan dapat memenuhi aturan-aturan pertambangan, seperti Amdal dan pajak yang wajib dibayar.

"Saya ingin sekaligus menertibkan aturan mulai dari hulu sampai ke hilir. Agar tujuan akhir jika semua tertib aturan adalah untuk kesejahteraan masyarakat Babel," jelas Erzaldi.

Setelah masa tanggap darurat banjir di Pulau Belitung, Erzaldi telah menginstruksikan untuk melakukan invstigasi lebih lanjut yang melibatkan Dinas ESDM, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan akademisi dari UGM serta masyarakat setempat.

Ketika disinggung apa tujuan dihentikan sementara aktivitas tambang di Pulau Belitung, Erzaldi mengatakan ini dilakukan semata-mata untuk berempati pada bencana banjir yang terjadi di Pulau Belitung.

"Ingat, kita tidak menghentikan aktivitas tambang, tapi kita kelola secara profesional sektor tambang ini agar tetap menjaga daya dukung lingkungan di Babel," tegas Erzaldi. (*)

Penulis: ismed
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help