Parade Drumband, Pawai Baris Berbaris, Karnaval Berjalan Meriah dan Sukses

Pawai dan karnaval di Sungailiat berlangsung meriah dan sukses dengan tingginya animo masyarakat untuk menyaksikan.

Parade Drumband, Pawai Baris Berbaris, Karnaval Berjalan Meriah dan Sukses
Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka
Parade drumband di Sungailiat. 

SUNGAILIAT, BANGKA POS - Selama 3 hari berturut-turut, Sabtu (19/8/2017), Minggu (20/8/2017) dan Senin (21/8/2017), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka mengggelar parade drumband, pawai baris berbaris, dan Karnaval yang dise­lenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72 tahun 2017.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan sukses dengan tingginya animo masyarakat untuk menyaksikan kegiatan tersebut dengan memenuhi sepanjang jalan yang menjadi rute mulai dari start Jalan Pemuda Sungailiat, menyusuri jalan Sudirman Sungailiat, panggung kehormatan dekat perempatan lampu merah Pelabuhan Sungailiat, hingga finish di Eks Terminal Sungailiat.

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir sore hari tersebut diselingi juga pemberian hadiah atau bingkisan oleh Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM kepada warga dan para peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari Bupati Bangka dan Ketua Tim Penggerak PKK Bangka, Hj. Mina tentang 38 program Stra­tegis Kabupaten Bangka di Panggung Kehormatan.

Adapun 38 Program Strategis Kabupaten Bangka adalah di bidang perkebunan, pertanian, perikanan, dan pangan adalah, 1) Pertanian tangguh, 2) Kebun Singkong Rakyat, 3) Kebun Kelapa Sawit Rakyat, 4) Bantuan bibit lada unggul, 5) Bantuan sarana produksi pertanian, 6) Pengembangan pangan lokal, 7) Bantuan sarana produksi perikanan.

Bidang pendidikan yakni, 8) Pembangunan SMP dan SMA, 9) Perburuan Anak Putus Sekolah (BUNAKTUSLAH), 10) Bebas biaya pendidikan untuk anak kurang mampu, 11) One Day One Juz. Untuk bidang kesehatan yakni, 12) Pembangunan Puskesmas rawat inap, 13) Pembangunan RSUD Pratama, 14) Pengembangan RSUD Sungailiat, 15) Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi (BUMILRISTI), 16) Bebas biaya kesehatan untuk masyarakat kurang mampu, 17) Layanan PSC 119 SPGDT, 18) JKSS dan BPJS.
Di Bidang Tenaga/Perindustrian dan Perdagangan yakni, 19) Pembangunan Pabrik Tapioka, 20) Pembangunan Pasar, 21) Kredit Mikro untuk UMKM. Di bidang Pariwisata yakni, 22) Bangka Expo, 23) Sungailiat Triathlon, 24) Kawasan ekonomi khusus pariwisata.

Di bidang Pembangunan dan sosial adalah, 25) Pembangunan Rumah Layak Huni, 26) Perburuan Orang Tua Hidup Sendiri (BURATUHIRI), 27) Sedekah lima ratus rupiah sehari (SEMARI), 28) Santunan kematian, 29) Bantuan Pembangunan Masjid dan Pesantren, 30) Magrib Mengaji, 31) Bantuan mobil operasional BUMDES dan Gapoktan, 32) Peningkatan alokasi dana desa, 33) Sarjana membangun desa.

Di Bidang Perizinan yakni, 34) Bebas biaya perizinan usaha untuk UMKM, 35) Bangka bebas akte kematian dan kelahiran (BANG MUDA), dan yang terakhir di bidang Pembangunan Sarana Umum adalah, 36) Pembangunan jalan, 37) Pembangunan tugu dulang/tudung saji, 38) Pembangunan jembatan.

Untuk diketahui, Parade Drumband yang digelar pada hari Sabtu (19/8/2017) dilepas langsung oleh Bupati Bangka yang diikuti 25 tim Drumband dari tingkat SD sebanyak 9 regu, SMP sebanyak 6 regu, dan SMA/SMK sebanyak 10 regu se Kabupaten Bangka.

Untuk Pawai baris berbaris bendera start dikibarkan oleh Sekda Bangka, H. Fery Insani, SE,MM yang digelar pada hari Minggu (20/8/2017) yang diikuti 264 tim mulai dari tingkat SD sebanyak 78 tim, tingkat SMP sebanyak 56 tim, SMA sebanyak 42 tim, tingkat instansi 40 tim, tingkat umum 29 tim, dan campuran 5 tim.

Sedangkan Karnaval yang kembali dilepas langsung oleh Bupati Bangka diikuti oleh 185 peserta mulai dari TK, SD, SMP, SMP/sederajat, instansi, Kades se Bangka, dan umum dengan berbagai kreasi mulai dari karnaval berjalan kaki, sepeda hias, motor hias, dan mobil hias.

Di Panggung kehormatan, Bupati Bangka memberikan penghormatan kepada para peserta bersama dengan Ketua TP PKK Bangka, Ketua DPRD Bangka, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan kepala OPD Pemda Bangka. (adv/Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved