Kadisperindag Ajak Warga Basel Cari Peluang Berdagang

Keramainan selama momen perayaan HUT ke-72 RI di Toboali, Bangka Selatan, berdampak positif pada perekonomian masyarakat setempat.

Kadisperindag Ajak Warga Basel Cari Peluang Berdagang
Bangkapos.com/dok
Bambang (kanan) dan Tarjo (kiri) pedagang asal Pangkalpinang istirahat usai berkeliling menjual mainan kerajinan tangan pada acara pawai di Toboali, Bangka Selatan, Rabu (23/8/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keramainan selama momen perayaan HUT ke-72 RI di Toboali, Bangka Selatan, berdampak positif pada perekonomian masyarakat setempat.

Event tahunan pawai dan karnaval banyak menyedot penonton. Para pelaku UMKM dan pedagang kecil lainnya pun meraup keuntungan.

"Ini tentunya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mencari peluang memasarkan atau berjualan, bukan hanya makanan, namun perlu ada ekonomi kreatif juga diusung bagi masyarakat yang bisa melihat peluang itu," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Basel Muhammad kepada bangkapos.com, Rabu (23/8/2017).

Menurutnya, dampak dari semakin banyaknya penonton dan lamanya durasi pelaksanaan kegiatan tentu sangat membantu warga untuk memasarkan dagangannya.

"Jadi semakin banyak penonton dan durasi yang lama, selama tiga hari ini menjadi omset penjualan mereka, sehingga bagi para pelaku ekonomi di Basel dapat memanfaatkannya," ujar Muhammad.

Muhammad menyarankan, pada event tahunan seperti ini para pedagang harus memasarkan dan mengemas produk secara baik agar masyarakat yang melihatnya ada rasa ingin membeli.

"Karena ini bisa menjadi potensi pasar. Ayo warga tingkatkan ekonomi kreatifnya. Kalau makanan sudah biasa, tetapi perlu hal baru seperti kerajinan mainan anak dan cenderamata," kata Muhammad.

Penulis: Riki Pratama
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help