UBB Kembali Toreh Sejarah, 16 Item Alat PPIDS PTN Sudah Datang

Pasalnya 16 item peralatan penting untuk mendukung operasional PPIDS (Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial) UBB tiba di Kampus Terpadu UBB

UBB Kembali Toreh Sejarah, 16 Item Alat PPIDS PTN Sudah Datang
ist

BANGKAPOS.COM --  Selasa (22/08/2017) siang merupakan hari  bersejarah bagi Universitas Bangka Belitung (UBB) . 

Pasalnya 16 item peralatan penting untuk mendukung operasional PPIDS (Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial) UBB tiba di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Merawang.

Peralatan itu -- antara lain berupa  dua unit server, AC dan UPS, dengan kapasitas data satelit 24.000 Giga byte (Gb).

Keberadaaan alat ini merupakan bagian penting dari keseriusan pemerintah dalam membuat peta informasi geospasial tematik (IGT),  guna mendukung Kebijakan Satu Peta (KSP) Indonesia.

“Dengan tiba dan dipasangnya ke 16 item peralatan itu,  maka tahun ini PPIDS (Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial) UBB, yang merupakan perpanjangan tangan BIG (Badan Informasi Geospasial),  sudah bisa menghasilkan data base spasial, data satelit dan vektor.  Ini merupakan lompatan milenial bagi UBB!,” ujar Warek II UBB, Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc, Selasa siang.

Sebagaimana diberitakan, Ketua BIG Prof Prof Dr Hasanuddin Z  Abidin ketika memberikan kuliah umum bertema “Penguatan Sumberdaya Manusia Informasi Geospasial Berbasis Kompetensi” di Ruang Akustik UBB pekan lalu, menegaskan peran strategis PPIDS dalam konteks pembangunan nasional.

“PPIDS UBB merupakan mitra strategis Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk membuat peta geospasial tematik. Misalnya Babel ingin mengembangan lada putih, gahru, pariwisata dan sebagainya, harus ada peta geospasialnya,” ujar Hasanuddin.

Peta geospasial itu menurut Guru Besar ITB itu sangat penting.

Bahkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), ia mencontohkan,  tidak akan menyetujui apapun usulan dari pemerintah daerah apabila tidak dilengkapi dengan peta lokus spasial, peta lokasi (spasial) atas proyek yang diusulkan tersebut.

Tibanya 16 item peralatan PPIDS UBB di ruang tamu Rektorat UBB itu dikawal langsung oleh Pengawas Pembangunan PPIDS BIG Teguh Mulyadi.

Halaman
12
Tags
ubb
PTN
UPS
Penulis: Dody
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help