OJK dan BI Pantau Terganggunya ATM

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan layanan nasabah tidak terganggu meskipun ada beberapa jaringan ATM di beberapa bank terdampak

OJK dan BI Pantau Terganggunya ATM
Mirror
Ilustrasi mesin ATM 

BANGKAPOS.COM-- ‎Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan layanan nasabah tidak terganggu meskipun ada beberapa jaringan ATM di beberapa bank terdampak akibat terjadinya anomali satelit Telkom 1.‎

Plt. Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik, Anto Prabowo‎ mengatakan, ATM yang memakai VSAT umumnya berada di remote area.

Sementara sebagian besar ATM dan jaringan kantor bank yang sudah terhubung dengan fiber optic dipastikan tidak terkendala untuk beroperasinya.

"OJK dan BI sedang berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk langkah mitigasi agar seluruh layanan perbankan segera dapat beroperasi normal sepenuhnya," ujar Anto, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Menurutnya, ‎OJK telah meminta bank melakukan mitigasi dan komunikasi publik memanfaatkan sarana komunikasi bank yang dapat dihubungi oleh nasabahnya.

"Masyarakat diminta untukmelakukan konfirmasi kepada call-center bank jika menemui kesulitan dan tidak mudah percaya dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," papar Anto.

‎Diketahui terjadi anomali pada satelit Telkom 1 pada Jumat kemarin sekitar pukul 16.51 WIB.

Vice President Corporate Comunication Telkom Arif Prabowo mengatakan, adanya kejadian tersebut berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu.

"Recovery satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin dimana semula diprediksi dapat selesai lebih awal karena sesuatu dan lain hal, hingga pukul 16.00 WIB sore (26/08) masih berlangsung,"‎ tutur Arif.‎

Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, kata Arif, Telkom melakukan pemulihan layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Editor: khamelia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help