Ibu-ibu PKK Diminta Tampilkan Menu B2SA Saat Ada Tamu

Menu makanan bisa berkontribusi menciptakan anak-anak generasi yang sehat dan cerdas.

Ibu-ibu PKK Diminta Tampilkan Menu B2SA Saat Ada Tamu
Humas Pemprov Babel

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta mendorong kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumberdaya lokal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Ketahanan Pangan Provinsi (BKP) Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bangka City Hotel, Senin (28/8/2017) itu, TP PKK Kabupaten Bangka Barat berhasil memborong empat penghargaan dari beberapa kategori yang dilombakan.

Selain berhasil meraih juara I dalam kategori umum, Tim PKK Kabupaten Bangka Barat tersebut, juga juara di kategori khusus sebagai kategori kreasi makanan, kategori menu beragam dan berimbang, dan kategori kreasi cita rasa dan penampilan. Kategori Khusus lainnya sebagai kategori menu sarapan diraih oleh kabupaten Bangka.

Sementara pemenang juara II untuk katagori umum diraih TP PKK Bangka Tengah, juara III TP PKK Kabupaten Bangka. Juara Harapan 1 diraih oleh Pangkalpinang, harapan dua diraih Beltim, Harapan III diraih Bangka Selatan, dan harapan empat kabupaten Belitung.

Para Pemenang ini dinilai oleh para Tim juri yang ketuai oleh pemenang master chef Indonesia asal Bangka, Desy. Keempat Juri lainnya adalah dari dinas kesehatan, badan ketahanan Pangan, Tim Penggerak PKK Provinsi, dan Guru dari SMKN 3 Pangkalpinang.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman yang hadir bersama Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi Rosman, Hj. Laksmi Dharmayanti Abdul Fatah, unsur Forkopimda Babel, Kepala Bank Indonesia, Kepala BKP Babel Ahmad Damiri, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, serta para peserta lomba, berkesempatan memberikan Trophy dan piagam penghargaan kepada para pemenang.

Dalam Sambutannya Gubernur, Erzaldi Rosman menyampaikan Lomba B2SA ini sering dilaksanakan, implementasi setelah pelaksanaan kurang dilaksanakan, dan jadikan apa yang sudah dinilai ini menjadi lebih bernilai lagi.

“Setiap ibu-ibu PKK, menu B2SA ini ditampilkan saat ada tamu di masing-masing daerah, sambil dijelaskan dengan diskripsi makanan tersebut beserta manfaatnya. Sehingga ini akan terinformasikan, dan menu baru ini akan menggantikan menu-menu yang selama ini, belum sehat, karena sudah dinilai oleh para juri. Kalau tidak dilakukan makna dari lomba ini, hanya karena mau jadi juara, jadi tidak seru. Ini akan dilombakan di tingkat pusat, dengan membawa nama Provinsi dan harus bisa meraih posisi itu,” ungkap Gubernur.

Banyak Hal yang bisa dilakukan untuk mengenalkan makanan B2SA ini, salah satunya Sekitar Bulan November, direncanakan akan diadakan Festival Kuliner di Bangka Belitung, dan di setiap kabupaten harus mengirim paling sedikit 7 group, belum dari restoran masak 1 menu yang dianggap unggul.

Bangka Belitung, katanya, terkenal karena kuliner, utamanya olahan laut yang masih segar.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved