BangkaPos/

Terungkap, Konspirasi Dahsyat Illuminati Ternyata Melibatkan Wartawan 'Playboy'

Illuminati adalah teori konspirasi yang membuat semua teori konspirasi lain di muka bumi ini tak ada artinya

Terungkap, Konspirasi Dahsyat Illuminati Ternyata Melibatkan Wartawan 'Playboy'
STEFANO BIANCHETTI/CORBIS VIA GETTY IMAGES

BANGKAPOS.COM--Kisah tentang bagaimana mitos tentang Illuminati meledak, mengungkapkan bagaimana berita palsu menyebar sekarang ini serta rahasia di balik psikologi para pendukung mereka yang paling fanatik.

Illuminati adalah teori konspirasi yang membuat semua teori konspirasi lain di muka bumi ini tak ada artinya.

Ibaratnya induk dari setiap intrik lain di kolong langit, Illuminati seakan jadi maha penguasa yang mengendalikan seluruh urusan dunia, yang beroperasi diam-diam sembari tekun membangun Tata Dunia Baru.

Siapa nyana, paranoia yang tidak masuk akal ini dimulai dengan karya fiksi lucu di tahun 1960an.

Lalu apa artinya hal ini bagi kesiapan kita untuk mempercayai apa yang kita baca dan dengar - dan apa yang dapat diungkap oleh mitos Illuminati tentang berita dan cerita palsu yang terus dipengaruhinya sekarang ini?.

Ketika kebanyakan orang mencoba menelisik sejarah kelompok rahasia ini, mereka terdampar di Jerman bersama Orde Iluminati di masa Pencerahan atau Renaisans.

Itulah sebuah masyarakat rahasia Bayern yang didirikan pada tahun 1776, sebagai wadah bagi para intelektual untuk berkumpul bersama dan menentang pengaruh berlebihan agama dan kaum elit dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak kaum progresif terkenal yang bergabung, namun, sebagaimana Freemason, lambat laun mereka dilarang oleh kalangan konservatif dan Kristen, mereka pun lenyap.

Begitulah keadaannya sampai tahun 1960an. Dan Illuminati yang kita dengar hari ini hampir tidak ada urusannya sama sekali dengan orang-orang Bayern tahun 1776 itu, seperti yang dipaparkan penulis dan wartawan David Bramwell, seorang pria yang mendedikasikan dirinya untuk mendokumentasikan asal usul mitos tersebut.

Justru era mania budaya tandingan, (generasi bunga yang penuh dengan obat bius) LSD dan antusiasme pada filsafat Timur adalah faktor-faktor utama yang mendorong inkarnasi modern kelompok Illuminati (yang sama sekali tidak berdasar) ini.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help