BangkaPos/

Bank Artha Graha, Siloam dan Giant Sumbang Hewan Kurban di Kampung Dul

Daging kambing dan sapi dibagikan kepada 150 warga dari tujuh RT di Kelurahan Dul.

Bank Artha Graha, Siloam dan Giant Sumbang Hewan Kurban di Kampung Dul
Bangkapos.com/Ardhina Trisila Sakti
Pemotongan hewan kurban di Kelurahan Kampung Dul, Bangka Tengah, Sabtu (2/9/2017). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Panitia kurban Masjid Ar Rahman Kampung Dul Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah menyembelih 20 ekor kambing dan 1 sapi pada Idul Adha tahun ini.

Koordinator kurban Masjid Ar Rahman Kampung Dul, Bujang Sarmili (43) mengatakan hewan kurban ini sumbangan dari Bank Artha Graha, Rumah Sakit Siloam dan pusat perbelanjaan modern Giant. Ada juga sumbangan dari warga setempat.

"Tahun ini jumlah hewan kurban lebih banyak dibanding tahun lalu. Kalau tahun lalu jumlah kambing itu ada belasan, tidak ada sapi," ujar Bujang Sarmili saat ditemui bangkapos.com di lokasi pemotongan hewan kurban, Sabtu (2/9/2017).

Daging kambing dan sapi dibagikan kepada 150 warga dari tujuh RT di Kelurahan Dul.

Sehari sebelum pemotongan hewan kurban, masing-masing ketua RT membagikan kupon daging kepada warganya yang tidak mampu seperti fakir miskin dan anak yatim.

Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Haris Purnomo (32) datang langsung memeriksa sampel daging kurban. Bagian hati hewan kurban menjadi bagian utama yang diperiksa.

Sebelumnya Dinas Perternakan Bangka Tengah sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tingkat penjual yang dilihat dari fisik hewan kurban.

"Hewan kurban baru dipotong hari ini maka dagingnya masih segar. Namun untuk bagian hati jangan dikonsumsi karena cacing yang terkandung di dalam hati tak akan mati walau sudah dimasak," kata Haris Purnomo.

Penulis: Dhina Sakti
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help