BangkaPos/

Wabup Babar Markus Diarak Saat Sedekah Kampung Terentang

Salah satu adat tradisi yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat desa terentang adalah sedekah kampung, atau dalam

Wabup Babar Markus Diarak Saat  Sedekah Kampung Terentang
Ist
Wakil Bupati Babar Markus saat diarak dalam perayaan pesta adat dan tradisi desa Terentang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Bupati Bangka Barat Markus, diarak saat menghadiri tradisi sedekah kampung desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (3/9/2017) tadi.

Tradisi dan pesta adat desa Terentang diawali ngasoh kembang pada malam selang hari arak-arakan.

Dimana para orang tua menyenandungkan puji-pujian dan salawat di salah satu rumah peserta khataman, dilanjutkan dengan arak-arakan peserta khataman sekeliling kampung, dan berakhir di masjid tempat khataman.

Dikatakan Markus, seperti diketahui sejak dulu, desa Terentang merupakan salah satu desa, di Kecamatan Kelapa yang masih kuat memegang dan melestarikan adat dan tradisi ini.

" Salah satu adat tradisi yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat desa terentang adalah sedekah kampung, atau dalam dialeg setempat sedekah kampung," ujar Markus kepada bangkapos.com, Minggu (3/9/2017

Dikatakan Markus Istilah sedekah kampung disini berarti berbagi rezeki. Hal ini menandakan satu kampung berbagi rezeki sesama.

Selain itu, tradisi dan syukuran sedekah kampung ini sebagai penyemangat kepada masyarakat yang akan melakukan khataman alquran. Hal ini dilaksanakan agar adanya rasa semangat untuk mempelajari al-quran

" Selain berbagi rezeki, intinya syukuran sedekah kampung ini sebagai apresiasi dan penyemangat warga yang memperlajari da telah khatam alquran," jelasnya.(*)

Penulis: oni
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help