Mau Jadi Tuan Rumah PON 2024, Segini Dana yang Mesti Digelontorkan Pemda Babel

Sudah dua daerah yang telah mendaftarkan diri menjadi tuan rumah PON 2024. Dua daerah tersebut yakni Sumatera Utara dan Aceh.

Mau Jadi Tuan Rumah PON 2024, Segini Dana yang Mesti Digelontorkan Pemda Babel
bangkapos/Ryan Agusta
Darma Sutomo

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sudah dua daerah yang telah mendaftarkan diri menjadi tuan rumah PON 2024. Dua daerah tersebut yakni Sumatera Utara dan Aceh.

Lalu bagaimana nasib Propinsi Bangka Belitung? Dengan dibatalnya anggaran PON 2024 oleh DPRD Babel, peluang Bangka Belitung menjadi tuan rumah bakal terancam.

Ketua KONI Babel, Dharma Sutomo atau akrab dipanggil Momok mengatakan pendaftaran akan ditutup pada November mendatang.

“Informasinya sampai saat ini baru Sumut dan Aceh yang mendaftar. Penutupan pendaftaran November nanti. Untuk Babel kita masih menunggu, kalau anggarannya tidak ada, kita lihat bagaimana nantinya,” ujar Momok.

Dana yang diajukan sebesar Rp 7 miliar. Rinciannya Rp 1 miliar untuk pendaftaran, Rp 5 miliar untuk jaminan kesiapan dan Rp 1 miliar untuk tim persiapan PON yang dibentuk Pemprov Babel.

Momok menjelaskan untuk jaminan Rp 5 miliar, tidak perlu dikhawatirkan hilang. Bila dalam prosesnya nanti, Babel tidak jadi tuan rumah, maka dana tersebut akan dikembalikan lagi.

“Yang penting saat ini kita daftar dulu, bayar Rp 1 miliar. Kalau Rp 5 miliar itu kan jaminan saja. Kalau tidak jadi tuan rumah, uang itu dikembalikan. Kalau 1 miliar itu untuk tim persiapannya, termasuk lobi-lobi kesana. Tapi yang penting daftar dulu,” ujar Momok.

Karenanya Momok masih optimis, Babel masih bisa menjadi tuan tumah meskipun waktu penutupan pendaftaran masih sedikit.

“Kalau anggaran tahun ini belum, kan bisa saja dari pihak lain. Kalau Rp 5 miliar itu kan bisa dicari dari pihak lain. Dana ini kan tidak hangus kalau Babel tidak jadi tuan rumah, dananya akan dikembalikan lagi,” jelas Momok.

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved