Inilah 4 Syarat Untuk Bangun KEK

Kesulitannya, jika beberapa persiapan itu tidak dilakukan, KEK hanya akan sekedar menjadi wacana dan tidak berdampak signifikan

Inilah 4 Syarat Untuk Bangun KEK
ist
Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Bangka Belitung (UBB), Aning Kusuma Putri 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Ide pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna membuat tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di tiga kabupaten di Pulau Bangka dinilai positif oleh Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Bangka Belitung (UBB), Aning Kusuma Putri.

Sebabnya, KEK berpeluang membuat pertumbuhan ekonomi daerah meningkat.

Namun Aning memberi beberapa saran yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah bahwa persiapan KEK harus diikuti dengan empat hal terkait kesiapan SDM yang terampil, berpendidikan dan mampu menerima perubahan di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Barat.

Kedua, ketersediaan infrastruktur yang memadai seperti transportasi, akses jalan dan daya listrik. Ketiga, kawasan terpadu strategis yang bisa membuat titik pertumbuhan ekonomi menyebar ke seluruh daerah di sekitar KEK, dan keempat mengenai tata kelola pemerintahan daerah yang baik mulai dari pelayanan dan administrasi.

"Kesulitannya, jika beberapa persiapan itu tidak dilakukan, KEK hanya akan sekedar menjadi wacana dan tidak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Konsistensi dari Provinsi diharapkan agar proyek KEK ini jangan hanya meniru, bila perlu buat ciri khas ke daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang justru makin menarik para investor atau pengunjung ke sini,"terang Aning saat dihubungi Bangka Pos, Selasa (5/9).

Dijelaskan Aning, definisi dan penerapan KEK adalah kawasan yg terdiri dari daerah dan wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan mendapatkan fasilitas tertentu dengan keunggulan geoekonomi dan geostrategis untuk menampung kegiatan ekspor,impor, industri, dan kegiatan ekonomi lainnya dengan nilai ekonomi tinggi serta berdaya saing internasional.

"Jadi pemerintah dengan melibatkan masyarakat serta akademisi harus konsisten, bekerjasama dan mempersiapkan dengan baik terhadap rencana pembangunan KEK ini."tutupnya.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved