Jaga Kualitas Ikan, PPN Bangun TPI Higienis

Kalau kualitas ikan terjaganya akan mempengaruhi nilai harga ikan yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan

Jaga Kualitas Ikan, PPN Bangun TPI Higienis
Bangkapos/nurhayati
Pelatihan pelatihan dan sertifikasi penanganan dan penyimpanan ikan ini diikuti oleh nahkoda dan anak buah kapal (ABK) penangkapan ikan sebanyak 37 peserta, Selasa (5/9/2017) di Balai Perikanan Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Tri Aris Wibowo mengajak nahkoda dan ABK kapal penangkapan untuk melakukan penanganan ikan yang baik dan benar guna mempertahankan kualitas ikan hasil tangkapan.

Pasalnya dengan penanganan yang baik, ikan saat tiba dipasaran masih segar sehingga nilai jual tetap tinggi.

"Kalau kualitas ikan terjaganya akan mempengaruhi nilai harga ikan yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan itu sendiri," kata Tri membuka pelatihan dan sertifikasi penanganan dan penyimpanan ikan (SKPPI), Selasa (5/9/2017) di Balai Perikanan Sungailiat.

Menurutnya kualitas ikan dilakukan mulai dari cara penangkapan sampai sistem penyimpanan.

Untuk mendukung kualitas ikan tetap terjaga, saat ini PPN Sungailiat sedang membangun sarana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) higienis, dengan dilengkapi sarana pendukung lainnya.

"Untuk mengembangan industri perikanan, pelabuhan perikanan merupakan bagian dari rantai produksi yang harus memenuhi persyaratan kelayakan dasar sanitasi dan higienis," jelas Tri.

Pelatihan pelatihan dan sertifikasi penanganan dan penyimpanan ikan ini
diikuti oleh nahkoda dan anak buah kapal (ABK) penangkapan ikan sebanyak 37 peserta.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, yang bertujuan untuk mewujudkan pemahaman dan persepsi yang sama tentang prosedur, tata cara dan pelaksanaan penerbitan atau perpanjangan SKPPI kapal penangkap ikan.(*)


Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved