BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

PT Timah Bantu 1 Ton Beras Kepada Warga Tionghoa Rayakan Sembahyang Rebut

Tradisi Sembahyang Rebut sudah menjadi ritual bagi masyarakat Tionghoa di Pulau Bangka.

PT Timah Bantu 1 Ton Beras Kepada Warga Tionghoa Rayakan Sembahyang Rebut
Humas PT Timah Tbk
Kepala Divisi PKBL dan CSR PT Timah Tbk Ali Syamsuri menyerahkan satu ton beras kepada Ketua Pengurus Kelenteng Jaya Bhakti Rebo, Chin Yun Kim, Selasa (5/9/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tradisi Sembahyang Rebut sudah menjadi ritual bagi masyarakat Tionghoa.

Sebagian besar masyarakat keturunan Cina di Kabupaten Bangka merayakan budaya yang sudah turun temurun ini. Tidak terkecuali masyarakat di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat ikut melestarikan dan memeriahkan ritual tersebut.

Acara sembahyang rebut di Kelenteng Jaya Bhakti Rebo sudah terasa sehari sebelumnya. Masyarakat bergotong royong untuk memeriahkan ritual tersebut.

Untuk memeriahkan Sembayang Rebut atau disebut Chitngiatpan di Desa Rebo, panitia mendatangkan langsung artis legendaris ibu kota, Obie Mesahk.

Kades Rebo, Fandi mengatakan, ritual yang dilaksanakan setiap tahun ini untuk menghormati arwah leluhur warga Tionghoa.

PT Timah Tbk sebagai BUMN terbesar di Bangka Belitung turut memberikan perhatiannya terhadap tradisi Sembahyang Rebut dengan memberikan bantuan satu ton beras untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Rebo.

Penyerahan bantuan ini disampaikan langsung oleh Kepala Divisi PKBL dan CSR PT Timah Tbk Ali Syamsuri kepada Ketua Pengurus Kelenteng Jaya Bhakti, Chin Yun Kim.

Pada kesempatan ini Chin Yun Kim menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Timah yang telah memberikan bantuan kepada warga.

"Semoga PT Timah terus maju dan bisa memberikan bantuan CSR kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Chin Yun Kim didampingi Kades Rebo Fandi saat menerima bantuan satu ton beras di Klenteng Jaya Bhakti Rebo, Selasa (5/9/2017).

Kabid Humas PT Timah Tbk Anggi Siahaan ketika dihubungi bangkapos.com mengatakan penyaluran bantuan ini adalah bagian dari program PKBL dan CSR PT Timah yang rutin dilaksanakan untuk menyentuh masyarakat langsung.

"Sebagai representasi negara sudah menjadi keharusan untuk perusahaan berperan kepada masyarakat dan daerah. Ini salah satu bentuk komitmen kami setelah beberapa waktu lalu perusahaan juga menyalurkan hewan kurban ke seluruh kabupaten di Babel dan Kepri untuk menyambut Idul Adha," kata Anggi.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help