Video : Meriahnya Sembahyang Rebut di Klenteng Sip Sam Fun

Saat jam menunjukan pergantian waktu menuju Selasa (5/9) tepat pukul 00.00 WIB, sejumlah masyarakat berlarian menuju ke meja

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejumlah sembako serta jenis makanan lainnya terhampar di empat meja berukuran 4x2 meter.

Makanan ini sengaja dipersiapkan panitia sebagai persembahan keberkahan etnis tionghoa dalam mewujudkan rasa syukurnya setahun ini.

Saat jam menunjukan pergantian waktu menuju Selasa (5/9) tepat pukul 00.00 WIB, sejumlah masyarakat berlarian menuju ke meja yang tersedia makanan ini.

Rombongan ini ternyata berebut makanan yang disiapkan.

Beberapa di antaranya berkelompok agar dapat menghasilkan makanan lebih banyak. Bahkan ada warga membawa karung besar sebagai tempat makanan tersebut.

Rangkaian kegiatan itu menandai kemeriahan perayaan ritual sembahyang rebut di Klenteng Sip Sam Fun Air Beguruh, Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Beberapa patung replika dewa etnis Tionghoa dibakar usai perebutan makanan oleh masyarakat.

Peringatan sembahyang rebut di Klenteng Sip Sam Fun terasa lebih istimewa karena untuk pertama kalinya panitia membuat replika Rupang atau Thai Tse Ja.

Menurut kepercayaan umat Konghucu, Thai Tse Ja merupakan Dewa Alam Baka yang mengatur arwah-arwah yang tak terurus dan membagikan segala kebutuhan sembako kepada arwah leluhur yang telah tiada. Panitia Klenteng Sip Sam Fun membuat replika Thai Tse Ja selama satu bulan.

Halaman
12
Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved