Pemegang SKTM Gigit Jari, Perawatan dan Pengobatan Tidak Lagi Gratis!

Pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kabupaten Bangka Barat terpaksa gigit jari.

Pemegang SKTM Gigit Jari, Perawatan dan Pengobatan Tidak Lagi Gratis!
ist
Surat Edaran Plt Direktur RSUD Sejiran Setason Yudi Widyansa tentang tidak diberlakukannya lagi SKTM tertanggal 30 Agustus 2017 kemarin

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kabupaten Bangka Barat terpaksa gigit jari.

Pasalnya sejak 1 September 2019 lalu, kartu yang biasa digunakan keluarga Miskin (Gakin) mendapat kemudahan dalam kehidupannya baik dibidang sosial, kesehatan, perekonomian dan pendidikan sudah tidak berlaku.

Tidak berlakunya SKTM menyusul adanya surat edaran Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat nomor : 440/487/1.2.1.1./2017 tanggal 27 Februari 2017 perihal edaran bahwa terhitung tanggal 1 September 2017 SKTM tidak diberlakukan lagi.

Dan pasien yang akan dirujuk keluar provinsi Bangka Belitung harus mengantongi Kartu Bangka Barat Sehat (BBS) mengingat batas waktu yang telah ditentukan dan diberlakukannya kartu (BBS) di Kabupaten Bangka Barat serta kepada pengguna kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang masih menggunakan SKTM dianggap pasien umum.

Plt Direktur RSUD Sejiran Setason Yudi Widyansa membenarkan, jika sejak tertanggal 1 September 2017 lalu, pihaknya tak lagi melayani pasien yang memiliki SKTM, mengingat adanya surat edaran yang dikeluarkan Dinkes Babar soal tidak diberlakukannya lagi penggunaan SKTM tersebut.

"Benar sejak tanggal 1 September 2017 kemarin, RSUD Sejiran Setason tak lagi menerima dan melayani pasien yang menggunakan SKTM. Langkah ini diambil, menyusul adanya surat edaran dari Dinkes soal tidak diberlakukannya lagi SKTM terhitung tanggal 1 September 2017 lalu," ujar Yudi kepada bangkapos.com, Rabu (6/9/2017)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved