UBB Kembali Toreh Sejarah, Enam Prodi Terakreditasi B

Hingga saat ini, sudah sembilan dari 19 prodi yang ada di UBB terakreditasi B, atau memperoleh peringkat B

UBB Kembali Toreh Sejarah, Enam Prodi Terakreditasi B
ist
Dua asesor dari BAN-PT mewawancarai dekan (Tri Lestari), wadek 1 (Wahyu Hadi) dan staf administrasi (Sugeng) Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) UBB ketika melakukan reakreaditasi Prodi Agroteknologi UBB di Ruang Rapat FP2B pekan lalu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Luapan kegembiraan terasa kental menyelimuti Universitas Bangka Belitung (UBB) berserta sivitas akademikanya. Lima hari ini, baik pegawai  maupun group whatsApp yang beranggotakan kalangan dosen (wa forum UBB), sarat dengan ucapan selamat.

Apa gerangan yang terjadi? Ternyata, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui surat keputusannya mengumumkan tiga program studi di  UBB, yaitu Teknik Mesin,  Manajemen Sumberdaya Perairan dan Agroteknologi memperoleh peringkat (akreditasi)  B.

“Dengan demikian,  hingga saat ini, sudah sembilan dari 19 prodi yang ada di UBB terakreditasi B, atau memperoleh peringkat B!,” ujar  Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi didampingi  Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi,  Rabu (06/09/2017).

Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknik Mesin dan Agro Teknologi semula peringkat C,  naik menjadi ke peringkat B  setelah terbitnya  surat keputusan (SK) dari BAN-PT. 

Masing-masing SK BAN-PT No 2672 tanggal 7 Agustus 2017,  SK BAN-PT No 2760 tanggal 15 Agustus 2017, dan  SK BAN-PT tangal 15 Agustus 2017.  SK BAN- PT itu berlaku lima tahun,  terhitung sejak tanggal dikeluarkan.

Berdasarkan Permenristekdikti No 32 tahun 2016 tentang Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi (PT), pada Bab 11 pasal 3 disebutkan peringkat prodi dan PT dari paling bawah ke atas,  berturut-turut Terakreditasi Baik (Peringkat C), Terakreditasi Baik Sekali (Peringkat B) dan Terakreditasi Unggul (Peringkat A).

Makna peringkat itu sendiri, menurut permenristekdikti,  berkaitan dengan tingkat kualitas pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Prodi atau PT  yang Terakreditasi Baik (Peringkat C) sebagai contoh,  bermakna prodi atau PT  tersebut  telah  memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Sementara  bagi yang Terakreditasi  Baik Sekali (Peringkat B)  dan Terakreditasi Unggul(Peringkat A), berarti baik prodi maupun PT itu telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Menurut Muh Yusuf,  UBB telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam rentang dua tahun ini.  Terbukti, sejak tahun 2015 hingga Agustus 2017 sudah sembilan prodi terakreditasi B atau memperoleh peringkat B.

Halaman
123
Penulis: Dody
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help