Mantan KSAL Beri Masukan Percepatan Sektor Maritim di Bangka Belitung

Semoga masukan dan arahan bapak Marsetio bisa diaplikasikan di Bangka Belitung yang kedepannya akan mengandalkan sektor

Mantan KSAL Beri Masukan Percepatan Sektor Maritim di Bangka Belitung
Ist
Mantan KSAL Jendral TNI (Purn) Marsetio dan Gubenur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman usai memberikan paparan di kantor Gubernur Rabu (6/9/2017) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksmana TNI (Purn) Marsetio menghadiri undangan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rabu (6/9/2017) dikegiatan rakor percepatan pembangunan sektor maritim di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Kedatangan Laksamna TNI (Purn) Marsetio untuk memberikan masukan terkait percepatan pembangunan sektor maritim di Bangka Bangka Belitung.

"Semoga masukan dan arahan bapak Marsetio bisa diaplikasikan di Bangka Belitung yang kedepannya akan mengandalkan sektor kemaritiman," kata Erzaldi Rosman

Dalam arahannya Jendral TNI (Purn) Marsetio mengatakan Indonesia memiliki kekuatan maritim.

Dimana Presiden Jokowi mencanangkan 5 pilar maritim yaitu budaya maritim, sumber daya maritim, interkonektifiti, diplomasi maritim dan kebijakan maritim yang kewenangannya ditangan pemerintah pusat.

Target pemerintah dalam 5 tahun kedepan adalah pendapatan perkapita Indonesia 10.000 USD/tahun, dalam pengembangan potensi daerah, usulan program pemerintah daerah harus disesuaikan dengan KKE yang dirancang oleh pemerimtah pusat dengan didasari 7 pilar strategi kelautan.

"7 pilar stategi kelauran antara lain pengolahan sumber daya kelautan, pengembangan SDM, Hankam dan penegakan hukum keselamatan laut, tata kelola kelembagaan laut dan ekonomi serta Infrastruktur kelautan serta peningkatan kesejahteraan, pengelolaan ruang laut serta diplomasi maritim," kata Jendral TNI (Purn) Marsetio dalam paparannya.

Ditambahkannya program pembangunan oleh Pemda akan dilakukan penyesuaian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Nasional.

Kemajuan sektor maritim Bangka Belitung diuntungkan dengan hadirnya KEK Tanjung Kelayang namun belum ada eksplorasi wisata secara maksimal sehingga belum ada penunjang sektor promosi destinasi wisata.

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved