Puri Tri Agung Gelar Perayaan Ullambana, Disediakan Kuliner Khas Bangka Gratis

Kuliner yang disiapkan terdiri dari martabak Bangka, thew fu fa, jagung keju susu, Kopi ABC dan air minum

Puri Tri Agung Gelar Perayaan Ullambana, Disediakan Kuliner Khas Bangka Gratis
Ist
PATUNG Tai Se Ja yang akan dibakar pada puncak acara perayaan Ullambana atau sembahyang rebut, pukul 24.00 WIB, Sabtu (9/9/2017) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Herru W

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tempat Peribadatan Puri Tri Agung Sungailiat, Kabupaten Bangka pada hari, Sabtu (9/9/2017) akan menggelar perayaan Ullambana. Perayaan ini dalam rangka memperingati Hari Chit Ngiat Pan.

Perayaan Ullambana akan dimeriahkan dengan hiburan musik, atraksi barongsai, tari tradisional dan Festival Kuliner, dengan menyajikan berbagai makanan khas Bangka.

 Panitia akan memberikan Kuliner Gratis bagi semua pengunjung pada malam Chit Ngiat Pan.

Kuliner yang disiapkan terdiri dari martabak Bangka, thew fu fa, jagung keju susu, Kopi ABC dan air minum mineral Bolesa .

 Ketua Pelaksana Acara, Ir. Then Yohannes, MM.MT kepada Bangkapos.com, Jumat (8/9/2017) menjelaskan Chit Ngiat Pan merupakan kegiatan ritual sembahyang kepada arwah leluhur.

“Di Bangka perayaan Ullambana ini belum dikenal. Masyarakat Bangka lebih mengenal sembahyang rebut. Namun keduanya mempunyai maksud dan arti yang sama,” ujar Yohannes.

Ditambahkannya ritual sembahyang rebut akan dibagi dua sesi. Ritual sembahyang sesi petama mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB dan sesi kedua pukul 14.00 WIB – 18.00 WIB.

Pada ritual sembayang rebut dibuat patung yang disebut dengan Tai Se Ja. Patung yang mencerminkan raja dari segala raja, arwah yang tidak terurus ini, nantinya akan dibakar pada puncak acara.

Patung Tai Se Ja tiga dimensi dan berukuran raksasa ini dibuat oleh pematung asal Bangka yang tinggal di Bali.

Yohannes mengatakan, setelah ritual sembahyang selesai, acara dilanjutkan dengan hiburan untuk masyarakat yang menampilkan atraksi Barongsai DBS serta hiburan full music dengan format band.

Selain itu panitia juga mempersembahkan tarian budaya.

“Tujuan perayaan Ullambana ini untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Bangka yang mau merayakan Chit Ngiat Pan, bisa ikut dalam persembahyangan arwah para leluhur di Puri Tri Agung,” tutur Yohannes.

Selain itu, lanjut Yohannes semoga acara ini bisa memberikan hiburan bagi masyarakat luas serta bisa menjadi agenda wisata bagi wisatawan lokal maupun luar.

“Tidak lupa panitia mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan Pemerintah Kabupaten Bangka serta aparat keamanan yang telah membantu terlaksananya acara ini. Semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” imbuhnya. (*)

Penulis: Herru W
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help