BangkaPos/

Anak Anda Malas Belajar di Rumah, Ubah Desain Ruang Hingga Perangkat Belajar

Melakukan perubahan pada desain ruang belajar anak dapat menimbulkan atmosfer yang menyenangkan.

Anak Anda Malas Belajar di Rumah, Ubah Desain Ruang Hingga Perangkat Belajar
https://orizaprivat.wordpress.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Bagi anak usia SD, mood belajar biasanya sangat bergantung pada suasana ruang belajar.

Para orangtua biasanya ingin si kecil berprestasi dan bisa konsentrasi ketika belajar di rumah. Tapi bagaimana caranya?

LIKE FACEBOOK BANGKA POS:

Menurut Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, ada beberapa cara untuk menumbuhkan minat belajar pada anak.

Misalnya, melakukan perubahan pada desain ruang belajarnya sehingga menimbulkan atmosfer yang menyenangkan.

Selain itu, orang tua mungkin juga harus memperhatikan perangkat belajar yang sesuai tinggi badan anaknya.

"Belajar dengan duduk melantai memang menyenangkan dan terkesan santai. Tapi hati-hati, hal ini akan membuat si kecil terbuai dan tak jadi belajar. Cara untuk menjaga konsentrasi mereka adalah dengan menyediakan meja belajar agar tidak terlalu santai hingga kurang fokus," ujar Rafi, Jumat (8/9/2017).

Untuk anak-anak, ada banyak meja belajar yang berwarna cerah dengan gambar karakter fiktif favoritnya. Biasanya, meja ini sudah dilengkapi dengan rak buku dan laci untuk menyimpan buku sekolahnya.

Meja belajar anak ini tentunya lebih nyaman karena didesain sesuai dengan tinggi badan mereka. Jadi, mereka tak akan kesulitan atau merasa mudah lelah saat membaca atau menulis di atasnya.

Hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan yakni rak buku dan lampu baca yang menarik perhatian. Jika meja belajar anak belum dilengkapi rak buku, maka Rafi menyarankan para orang tua agar memilih rak buku dengan ketinggian yang mudah dijangkau si kecil.

Dengan tinggi yang sesuai, si kecil akan lebih mudah melakukan eksplorasi mengambil buku-buku favoritnya tanpa harus selalu melibatkan orang tua.

"Lampu baca juga tak kalah penting. Dalam memperkuat penglihatan anak, membantu menyediakan cahaya tambahan saat mereka sedang membaca itu penting. Dengan cahaya yang cukup dan disesuaikan, kedua mata anak pun akan bekerja lebih santai," ucapnya.

Rafi juga mengungkapkan bahwa anak membutuhkan banyak stimulus yang bisa merangsang keinginannya agar lebih semangat belajar.

Agar anak dapat belajar dengan baik, orang tua tentunya harus menyediakan perangkat belajar yang lengkap mulai dari buku tulis, pensil warna, hingga lem dan kertas warna-warni agar mereka bisa berkreasi.

"Agar semua benda tersebut tampak lebih rapi dan menarik perhatian, atur dan tempatkan semua peralatan belajar di tempat yang bagus dan menyenangkan bagi mereka. Simpan di kotak yang memudahkan mereka saat ingin menggunakannya, buat agar mereka bisa mengambilnya sendiri tanpa perlu bantuan orang dewasa. Kotak organisir ini bisa ditemukan di toko-toko online semacam Dekoruma yang bisa menghemat banyak waktu dan uang. Untuk brand terbaik, bisa membeli produk IKEA di Dekoruma," jelasnya.

Yang terakhir, orang tua diingatkan agar memberikan apresiasi pada anak ketika mereka sudah semangat belajar.

 
Apresiasi itu tak hanya dengan pujian verbal, namun juga harus menunjukkan kebanggan tersebut melalui perilaku yang lebih terlihat.

Misalnya, dengan memajang hasil karya mereka di ruang belajarnya agar semakin termotivasi.

"Kumpukan gambar, tulisan, origami atau apapun yang mereka buat dengan susah payah. Jadikan ruang belajarnya sebagai galeri seni yang memajang hasil karyanya agar mereka merasa semua yang dilakukannya diapresiasi dengan baik," tuturnya. (Tribunnews.com)

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help