Parhan-Markus Diarak dan Disambut Atraksi Pencak Silat di Pesta Adat Desa Kacung

Tradisi dan pesta adat ini berlangsung, pada bulan Dzulhijah taber kampong dilaksanakan setiap tahun sehabis

Parhan-Markus Diarak dan Disambut Atraksi Pencak Silat di Pesta Adat Desa Kacung
Ist
Bupati Babar Parhan Ali dan undangan lainnya saat menghadiri tradisi Taber Kampung desa Kacung 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Parhan Ali-Markus, menghadiri tradisi dan pesta adat desa Kacung, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (10/9/2017)

Tradisi dan pesta adat tersebut dikenal dengan nama Adat Taber Kampung Kacung.

Tradisi dan pesta adat ini berlangsung, pada bulan Dzulhijah taber kampong dilaksanakan setiap tahun sehabis hari raya idul adha, bertepatan dengan musim panen padi.

kediaman sesepuh Kampung suku Ketapik Kacung, menjadi titik penyambutan tamu disertai arak-arakan, Hataman Al-quran dan Acara menganggung.

Siang itu, Parhan dan Markus beserta tamu undangan lainnya disambut upacara pencak silat, diiringi tabuhan gendang dan gong seraya ditabur beras kunyit sebagai ungkapan selamat datang dan terhindar dari mara bahaya.

Pesta adat desa Kacung juga dihadiri, Sekda Yunan Helmi, Kapolsek Kelapa Iptu Mulya Sugiarto S.IK, camat Kelapa Umar, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Suwito, Kades Kacung, anggota DPRD Babar, tokoh adat, staf ahli dan asisten Bupati.

Parhan mengatakan, perhelatan pesta adat desa Kacung merupakan satu dari sejumlah budaya dan tradisi adat di Bumi Sejiran setason yang cukup tesohor dan terus menunjukkan eksistensinya.

" Tentunya ini menjadi kebanggaan kami, dimana sampai saat ini tradisi dan pesta adat Desa Kacung dan desa lainnya terus menunjukkan eksistensinya," ujar Parhan kepada awak media, Minggu (10/9/2017).(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help