Diserang Balik Pasukan Lanal Babel, Dua Pesawat Tempur Jatuh di Laut Belinyu

Dua pesawat tempur jatuh di Laut Belinyu, Selasa (12/9) siang, setelah secara mendadak menyerang

Diserang Balik Pasukan Lanal Babel, Dua Pesawat Tempur Jatuh di Laut Belinyu
DISERANG DARI UDARA -- Prajurit Lanal Babel membidik dua pesawat tempur yang kemudian jatuh di perairan Belinyu, Kabupaten Bangka, Selasa (12/9).Kegiatan ini merupakan latihan lapangan yang digelar Lanal Babel, dalam rangka uji penilaian Lanal Teladan tingkat Mabes TNI AL 2017.

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dua pesawat tempur jatuh di Laut Belinyu, Selasa (12/9) siang, setelah secara mendadak menyerang dan menjatuhkan bom di Mako Lanal Babel.

Bom yang dijatuhkan oleh dua pesawat tempur musuh ini, sempat mengakibatkan beberapa fasilitas di Mako Lanal Babel hancur dan terbakar.

Dalam serangan udara itu, mengakibatkan salah satu prajurit mengalami luka.

Beberapa fasilitas mako yang terbakar akibat bom serangan dua pesawat tempur tersebut, langsung dipadamkan.

Sementara prajurit lainnya, terus melakukan serangan balik dengan mengadang serangan dua pesawat tempur tersebut.

Dalam serangan balik, pasukan Lanal Babel,berhasil menembak dua pesawat tempur hingga jatuh ke laut Belinyu.

Sebelum diserang dua pesawat tempur, Lanal Babel juga didemo massa yang menolak keberadaan Kapal Isap Produksi (KIP) yang beroperasi di perairan Belinyu.

Aksi demo itu dihalau dan pukul mundur PHH Lanal Babel

Hal tersebut bukan peristiwa yang sesungguhnya, melainkan latihan lapangan yang digelar Lanal Babel, dalam rangka uji penilaian Lanal Teladan tingkat Mabes TNI AL.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Senin (11/9) dan Selasa (12/9).

Dalam penilaian itu, Tim Penilai dari Mabes TNI AL juga melaksanakan uji terampil seperti uji PBB, uji PDD khas TNI AL tiup peluit, tali temali, keterampilan komunikasi semaphore, uji Bongkar pasang senjata SS1 serta uji pangkalan ketika menghadapi serangan udara dari musuh, uji keterampilan Pasukan Anti Huru Hara, uji peran pemadam kebakaran dan uji tim kesehatan dalam menangani korban jiwa.

Komandan Lanal Babel Letkol Laut (P) Iwan Kuswanto yang diwakili Palaksa Lanal Babel Letkol Laut (P) Ahmad Mahdi Lubis, mengatakan semua uji yang disampaikan oleh tim penilai, dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh Prajurit Lanal Babel.

"Diakhir kegiatan Tim penilai mengatakan, Tim penilai mengatakan terpukau dengan semangat yang ditunjukkan oleh para prajurit Lanal Babel. Semoga tahun ini kita mendapatkan hasil yang maksimal menjadi Lanal Teladan tahun 2017," ujar Ahmad Mahdi, Selasa (12/9).

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved