BangkaPos/

Kerabat Kakanwil SMS Tanya Biaya Lulus CPNS Kemenkumham

Pelamar dipastikan bakal didiskualifikasi apabila ketahuan menawari uang kepada panitia atau menggunakan joki.

Kerabat Kakanwil SMS Tanya Biaya Lulus CPNS Kemenkumham
cpns 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bangka Belitung, Yoseph memastikan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM yang dilaksanakan di Babel bebas dari pungli. Ada sanksi yang mengancam panitia pelaksana dan pelamar yang terlibat pungli atau kecurangan lainnya.

Yoseph menyebut panitia yang terlibat pungli akan dilaporkan langsung ke Kementerian Hukum dan HAM. Sementara untuk pelamar, dipastikan bakal didiskualifikasi apabila ketahuan menawari uang kepada panitia atau menggunakan joki.

"Sanksi jelas akan kita akan hadapkan ke pak menteri dan pengarahan saya sudah cukup, semua panitia jangan coba-coba berani spekulasi atau pungli, tanggung sendiri risikonya, kita tidak bisa mentolerir pasti dihadapkan ke pak menteri, dan bagi peserta kalau ketahuan ada yang menawari atau pakai joki langsung didiskualifikasi," kata Yoseph di sela pemantauan pelaksanaan seleksi CPNS pelamar SMA di Kanwil Kemenkumham Babel, Senin (11/9/2017).

"Kalau ada informasi kecurangan atau pakai uang, silahkan lapor ke kami, jangan didiamkan, proses ini harus transparan seperti sistem CAT itu hasilnya langsung keluar dan lainnya," lanjutnya.

Menguatkan pernyataannya, Yoseph menunjukkan sebuah pesan singkat atau SMS yang diterima dari kerabatnya.

Sang kerabat bertanya biaya yang harus disiapkan agar anaknya lolos seleksi CPNS Kemenkumham.

“Saya bilang saja tidak ada siapin biaya ikuti semua prosesnya dan tes nya enggak ada biaya-biaya," kata Yoseph sembari menunjukkan SMS yang dimaksudnya kepada wartawan.

Dia mengatakan dirinya yang bertanggungjawab sebagai pelaksana seleksi CPNS untuk pelamar S1 maupun SMA dan menjamin pelaksanaan ini dilakukan secara transparan dan sesuai aturan.

Dirinya juga sudah menekankan hal ini kepada seluruh pegawai maupun panitia di lingkungan kemenkumham Babel.

Lebih lanjut, Yoseph menyebut seleksi CPNS Kemenkumham juga diawasi langsung sejumlah pihak, antara lain Ombubdsman, biro kepegawai pusat, kepala BPHN Profesor Eni, dari Inspektorat Jenderla Kemenkumham, dan Kanrek BKN Palembang.

Hasil tes SKD diumumkan 20 September 2017.

Setelah lulus SKD, selanjutnya peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada 12-13 Oktober 2017.

Tahap terakhir yakni wawancara pada 16-19 Oktober 2017.

Pengumuman kelulusan akhir dilakukan secara online pada 9 November 2017.

Untuk D3 dan SLTA bisa dilihat jadwalnya pada gambar di bawah ini.

Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help