BangkaPos/

UMKM Manfaatkan Peluang Wisata Bisnis dari Kegiatan Tahbisan Uskup Pangkalpinang

Sekitar 2000 orang dari luar Babel akan datang berkunjung ke Kota Pangkalpinang menghadiri acara tahbisan Uskup Pangkalpinang, Sabtu (23/9) di Stadion

UMKM Manfaatkan Peluang Wisata Bisnis dari Kegiatan Tahbisan Uskup Pangkalpinang

Laporan Wartawan Bangka Pos, Respi Leba

BANGKA POS.COM, BANGKA--Sekitar 2000 orang dari luar Babel akan datang berkunjung ke Kota Pangkalpinang menghadiri acara tahbisan Uskup Pangkalpinang, Sabtu (23/9) di Stadion Depati Amir.

Para tamu undangan baik nasional dan internasional akan menginap beberapa hari.

Karena itu, perayaan tahbisan Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko, OFM menyebutkan moment ini  bisa menjadi peluang wisata.

Gubernur Babel, Erzaldi Roesman berharap ribuan umat dari Babel maupun luar Babel selain berwisata rohani menghadiri tahbisan uskup tetapi bisa sekaligus menjadi peluang pariwisata.

PLH Sekda Babel, AK Tajudin menjelaskan Gubernur Babel mengapresiasi umat katolik yang akan mengikuti tahbisan. Kesempatan ini harus bisa dimanfaatkan oleh pelaku pariwisata.

"Pak Gubernur mengapresiasi kehadiran umat katolik yang akan mengikuti upacara tahbisan. Tentu ini sekaligus menjadi peristiwa wisata karena para tamu akan berada di Babel dua sampai tiga hari. Tentu para tamu akan menjadi endoser pariwisata Babel," jelas Tajudin, Selasa (12/9).

Ketua DPD Perkumpulan Wirausaha Indonesia (Perwira) Babel, Isnawati yang juga pemilik Ishadi Cual menyambut baik kegiatan perayaan tahbisan Uskup Pangkalpinang.

"Sebenarnya kalau peserta yang hadir 12.000 orang berarti ini event nasional dan jelas para UKM sangat terbantu sekali karena menjual produknya," ujar Isnawati, Selasa, (12/9).

Isnawati menjelaskan dirinya akan memanfaatkan moment tahbisan uskup untuk menjual aneka ragam souvenir motif cual khas Bangka Belitung seperti topi, shal, sandal dan tatakan gelas.

Berbagai souvenir ini dijual dengan harga terjangkau seperti topi yang dijual seharga Rp.35.000, shal seharga Rp.50.000, tatakan gelas seharga Rp.20.000 dan sandal seharga Rp.35.000.

"Walau waktunya mepet sebagai pengusaha kita harus siap dengan segala hal. Kalau pengusaha mapan biasanya sudah menjadi rutinitas pengadaan produk dalam jumlah banyak jadi selalu siap kalau ada event besar dalam waktu mepet. Tapi yang agak susah ini UMKM yang masih kecil karena mereka tidak siap," terang Isnawati.

Ketua Umum Tahbisan Uskup Pangkalpinang Pastor Agustinus Dwi Pramodo sebelumnya menuturkan diperkirakan akan ada 12.000 umat Katolik pada pentahbisan Uskup Pangkalpinang.

Acara tahbisan akan dihadiri duta besar vatikan, 37 uskup dari seluruh Indonesia, 8 uskup emeritus (pensiunan), 200 imam,100 biarawan-biarawati serta tamu undangan.

"Untuk tamu luar itu diprediksikan ada 2.000 menghadiri tahbisan Uskup Pangkalpinang. Mereka akan menginap beberapa hari. Umat yang datang dari luar, baik dari seluruh wilayah Indonesia maupun luar negeri," jelas Pastor Pramodo.

Penulis: respisiusleba
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help