BangkaPos/

3.628 Orang Lolos Seleksi Tahap Pertama CPNS Kemenkumham, Pelamar di Babel 6000 Orang

Selanjutnya dalam proses seleksi tahap dua, dari total jumlah 3 628 orang calon pelamar yang lolos oleh pihaknya dibagi

3.628 Orang Lolos Seleksi Tahap Pertama CPNS Kemenkumham, Pelamar di Babel 6000 Orang
Ist
Sekretaris panitia seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham, Adi Wahyarto 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Tercatat sedikitya 3.628 orang para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos dalam tahap awal seleksi penerimaan atau rekrutmen yang dilakukan Kementerian Hukum & Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) pada tahun 2017 ini.

"Total jumlah pelamar yang lolos verifikasi berkas saat ini mencapai angka sekitar 3.628 orang," kata sekretaris panitia penerimaan seleksi CPNS Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Adi Wahyarto, Senin (11/9/2017).

Ditegaskannya proses seleksi tahap awal termasuk standar ukuran tinggi badan setiap calon pelamar selalu menjadi perhatian pihak panitia penerimaan seleksi CPNS Kemenkumham di daerah, selain berkas kopian ijazah dan surat atau pun dokumen sebelumnya telah dilakukan verifikasi oleh pihak panitia.

"Kalau ukuran tinggi badannya kurang maka calon pelamar itu harus mundur ke belakang," terangnya.

Selanjutnya dalam proses seleksi tahap dua, dari total jumlah 3 628 orang calon pelamar yang lolos oleh pihaknya dibagi dua guna mengikuti proses seleksi berikutnya selama 5 (lima) hari.

"Jadi seharinya sebanyak 750 orang," katanya.

Ia menambahkan berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya dari pusat jika jumlah total pelamar CPNS Kemenkumham khususnya asal Babel sendiri mencapai angka sekitar 6.000 lebih pelamar.

"Total jumlah 6.000 lebih pelamar itu 1.000 diantaranya cuma mendaftar saja namun tidak menyerahkan persyaratan termasuk seilkitar 1.5000 lebih gagal saat dilakukan verifikasi berkas," katanya.

Pada tahun ini para pelamar CPNS Kemenkum khususnya latar belakang pendidikan S-1 yang telah mendaftar dan sudah lolos verifikasi berkas menurutnya saat ini tercatat mencapai angka sekitar 1.408 .

Jika nanti para pelamar yang telah lolos dalam verifikasi berkas persyaratan termasuk tahapan seleksi lainnya maka para pelamar pun nanti akan wajib mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan di daerah.

"Sebenarnya kita tidak menyelenggarakan kegiatan ujian khusus para pelamar jenjang pendidikan sarjana (S-1), namun atas pertimbangan dari pusat maka ujian dilaksanakan di masing-masing daerah," terangnya.

Ketika disinggung soal jumlah panitia seleksi penerimaan CPNS di intansi Kemenkumham Babel sendiri pada tahun ini justru menurutnya melebihi dari ketentuan yang sudah ditetapkan lantaran kondisi banyaknya kesibukan yang harus diselesaikan pihaknya.

"Kalau ketentuannya jumlah panitia itu sebanyak 45 orang namun karena alasan kesibukan kita banyak berbenturan maka jumlah panitia kita sebanyak 70 orang," katanya.

Ia menjelaskan lebih detil dari total 70 orang panitia itu merupakan panitia yang ada di daerah Babel yang meliputi pegawai asal intansi Kanwil Kemenkumham Provinsi Babel termasuk pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di daerah setempat. (*)

Penulis: ryan augusta
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help