BangkaPos/

Anak-anak Surip Pergi ke Sekolah dari Kebun

Sudah hampir dua minggu ini, Surip bersama istri dan empat anaknya memilih tinggal di pondok kebun

Anak-anak Surip Pergi ke Sekolah dari Kebun
bangkapos.com/Riyadi
Warga Kelurahan Kelapa mengambil air di salah satu aliran air di kebunnya, untuk kebutuhan sehari-hari, karena sumur di rumahnya sudah mengalami kekeringan. Foto diambil beberapa waktu lalu

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sudah hampir dua minggu ini, Surip bersama istri dan empat anaknya warga Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, memilih tinggal di pondok kebun, demi dekat dan mudah untuk mendapatkan air.

Karena kalau tinggal di rumah di kampung, sama saja tidak berair, akibat sumurnya sudah mengering.

Baca: Kekeringan, Satu Keluarga Mengungsi ke Kebun

Surip merasa kasihan dengan anak-anak dan istrinya, kalau sampai mengangkut air jauh dari rumahnya.

Kebutuhan air dalam sehari-hari juga lumayan banyak, karena untuk mandi, mencuci dan air minum.

"Anak kami ada empat, untuk cuci pakaian kami sekeluarga saja sudah banyak butuh air, belum lagi untuk mandi dan air minum, kalau kami ngangkut air terus ya habis waktu, karena sebagai kepala keluarga saya harus ke kebun, ke hutan cari duit (buruh)," tutur Surip kepada bangkapos.com, Rabu (13/9/2017).

Dikatakan Surip, anak-anaknya kalau sekolah, berangkatnya sekarang juga dari kebun.
Meskipun tinggal di pondok kebun, tidak jauh dari kampung, tapi Surip dan keluarga merasa tenang, karena kebutuhan air tercukupi.

Istri Surip, Tisa menyebutkan, lebih nyaman tinggaal di pondok di kebun karena air cukup, daripada di kampung yang sekarang sudah kekeringan air.

"Dengan anak-anak, nggak ada masalah, mereka nggak rewel diajak 'ngungsi' ke kebun, malah kami bersyukurn di kebun malah lebih adem, karena dipinggir hutan, kalau di kampung selain susah air, lingkungannya juga ramai, kalau tinggal di kebun kan sekalian ngolah kebun," kisahnya.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help