BangkaPos/

Gali Lobang WC, Warga Pangkalpinang Malah Temukan Barang Antik Peninggalan Belanda

Pihaknyapun mengira benda tersebut besi, namun setelah digalinya ternyata sebuah guci berbentuk botol minuman

Gali Lobang WC, Warga Pangkalpinang Malah Temukan Barang Antik Peninggalan Belanda
Bangkapos/Nordin
botol temuan berbentuk guci yang ditemukan di rumah Ratnawati di Kelurahan Gedung Nasional Pangkalpinang, Rabu (13/9) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Samsudin (46) dan dua orang rekannya dikagetkan saat mata cangkulnya mengenai guci ketika sedang menggali tanah untuk lobang penampungan wc.

Pihaknyapun mengira benda tersebut besi, namun setelah digalinya ternyata sebuah guci berbentuk botol minuman berwarna coklat dengan ukuran kurang lebih seruas lengan tangan orang dewasa.

"Sekitar dua meter lebih kedalamannya dari permukaan tanah kami menenukan benda ini, pada bagian botol tersebut bertuliskan Amsterdam dan Rotterdam" ungkapnya

Dia melanjutkan, ada empat buah botol yang pihaknya temukan saat menggali tersebut. Keduanya berpasangan namun ditemukan terpisah.

Sepasang berwana coklat, sepasang lagi hijau bening. Selain itu juga ditemukan kenalpot hingga penutup telpon.

"Kemungkinan kalau digali lagi banyak, ada juga bekas beling saat kami menggali," katanya

Eka sapaan akrab Samsudin mengatakan, setelah benda tersebut ditemukan pihaknya belum memberi informasi kepada siapapun, barang tersebut masih utuh dirumahnya.

Pihaknya hanya menginformasikan barang yang ditemukannya di media sosial dan mencari keterangan di internet tentang temuannya.

" Kurang lebih lima hari sudah dirumah, Kami belum menyampaikannya ke pemerintah atau orang yang mengetahui," ucap pria yang berprofesi sebagai buruh harian ini

Terpisah pemilik rumah tempat Samsudin dan rekannya bekerja Ratnawati (60) mengatakan, ketika benda yang mirip botol minuman tersebut ditemukan dirinya sedang masak. Kemudian para pekerja memberitahunya.

"Saya di dapur, tidak jauh juga dari mereka yang bekerja membangun kamar mandi tempat ditemukannya benda itu," kata Ratna

Ratna menceritakan rumah yang ditempatinya saat ini di RT 04 RW 01 kelurahan Gedung Nasional merupakan bekas pemadam kebakaran yang dulunya peninggalan Belanda.

Pihaknyapun kemudian membeli lahannya kemudian membangun rumah. Namun sebelumnya tidak ditemukan benda-benda antik.

"Sebetulnya saya membangun kamar mandi lagi untuk mempermudah keluarga kami, sudah ada satu kamar mandi di rumah ini sebelum saya membangun ini," jelasnya.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help