BangkaPos/

Simpangrimba Jadi Desa Peternak

Masyarakat Desa Simpangrimba antusias bertenak, mereka memiliki ternak seperti ayam, kambing, dan binatang-binatang lainnya.

Simpangrimba Jadi Desa Peternak
Perangkat Desa Simpangrimba 

SIMPANGRIMBA, BANGKA POS - Banyak yang belum tahu bahwa Desa Simpang Rimba Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan berhasil beternak.

Masyarakat sekitar cukup antusias bertenak, mereka memiliki ternak seperti ayam, kambing, dan binatang-binatang lainnya.

Kegiatan ini sudah turun temurun dilakukan di sela-sela melakukan kegiatan rutinitas sehari-hari sebagai petani dan pekerja.

Puncaknya sekitar tahun 2016 lalu terdapat bantuan bibit kambing dari pemerintah untuk masyarakat untuk dikembangkan.

Atas dasar itulah kemudian masyarakat membentuk kelompok dan sekarang sebagian sudah menikmati hasil dari peternakan yang dilakukan secara bergulir.

Pj Kades Simpangrimba Aswi mengatakan, ketersediaan makanan menjadi faktor terpenting keberhasilan petenakan didesanya.

Selain itu didukung banyaknya penduduk pendatang yang menekuni usaha ini.

“Selain itu dukungan dari pemerintah, dimana selalu ada dokter hewan yang membantu peternak. Jika ada sesuatu yang tidak mereka pahami langsung dokter yang menangani,” sebut Aswi.

Menurut Aswi potensi ini sangat terbuka luas di desanya, masyarakatpun antusias melakukannya. Apalagi kotorannya digunakan untuk pupuk sehingga menambah perekonomian mereka.

“Sistem peternakan kambing ini bergulir, ketika keluarga lain sudah memanfaatkannya, kemudian dialihkan ke keluarga lainnya,” terang Aswi.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help