BangkaPos/

Eko Wijaya dan LIPI Serahkan Bantuan 2400 Bibit Tanaman ke Masyarakat

Eko Wijaya menegaskan bantuan bibit tanaman lada, kelapa hibrida dan mangga arum manis harus dimanfaatkan masyarakat Bangka.

Eko Wijaya dan LIPI Serahkan Bantuan 2400 Bibit Tanaman ke Masyarakat
Istimewa
Anggota DPR RI Eko Wijaya menanam bibit kelapa. 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eko Wijaya menegaskan bahwa bantuan berupa 2400 bibit tanaman lada, kelapa hibrida dan mangga arum manis harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat Bangka.

“Bantuan tanaman ini sudah sesuai dengan potensi daerah di Bangka, oleh karena itu, harus dimanfaatkan sepenuhnya, dirawat dan dijaga agar menghasilkan buah yang banyak”, tegas Eko Wijaya dalam Acara Diseminasi IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan tema

“Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi Daerah” yang diselenggarakan di Desa Bukitlayang, Kecataman Bakam, Kabupaten Bangka, Rabu 13 September 2017.

Diseminasi IPTEK LIPI ini turut dihadiri oleh Asisten III Kabupaten Bangka Bapak A. Muhsin, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Eksitu Kebun Raya Bogor Bapak Dr. Joko Ridho Witono, Anggota DPRD Kab. Bangka Mulkan, S.H., Kades Bukit layang , beberapa Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya.

(Istimewa)
Anggota DPR RI Eko Wijaya menyerahkan bibit tanaman kelapa. (Istimewa)

Acara Di­seminasi ini juga diisi dengan penanaman bibit sebagi simbil penghijauan lahan, pelatihan pembuatan pupuk organic dan pupuk cair serta sosialisasi mengenai tata cara konservasi lahan yang diisi oleh peneliti dari LIPI.

Eko Wijaya yang merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat me­negaskan bahwa bantuan bibit kepada masyarakat ini juga merupakan salah satu dukungannya terhadap upaya reboisasi lahan bekas tambang.

“Lahan bekas tambang harus kita hijaukan kembali agar masyarakat bisa memanfaatkannya untuk kegiatan yang lebih produktif. Bibit ini diharapkan menjadi pemacu masyarakat untuk merubah kehidupan kearah yang lebih baik,” ujar Eko Wijaya yang merupakan putra asli Bangka.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Dr Joko Ridho Witono dari LIPI menyatakan bahwa acara Diseminasi IPTEK ini merupakan jawaban LIPI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengetahuan dan teknologi.

Khusus melalui acara Di­seminasi kali ini, an dibagikan ilmu mengenai budidaya tumbuhan khususnya lada, kelapa hibrida dan manga arum manis.

“Selain membagi pengetahun mengenai budidaya dan konservasi, di acara ini kami akan ajari masyarakat cara mengolah sampah, tata cara membuat kompos dan juga pupuk organic lainnya,” Tegas Dr. Joko.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help