Dinkes Imbau Masyarakat Waspadai Obat yang Tidak Dibeli di Sarana Kefarmasian Resmi

Obat-obat ini ilegal dan tidak mungkin masuk ke sarana resmi karena izin edarnya dicabut kalau memang ini diidentik

Dinkes Imbau Masyarakat Waspadai Obat yang Tidak Dibeli di Sarana Kefarmasian Resmi
Facebook/TMC Polda Metro Jaya
obat terlarang jenis PCC 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinisi Kepulauan Bangka Belitung, Zulkarnain menjelaskan obat jenis Paracetamol Caffein Carisoprodol (PPC) ini identik dengan Somadril yang memang perederannya sudah dicabut sejak 2013 silam.

Ia menduga obat-obatan ini merupakan obat ilegal, pasalnya selama ini di sarana kefarmasian apotek, toko obat, puskesmas, dan rumah sakit tidak lagi menggunakan obat-obatan ini.

"Obat-obat ini ilegal dan tidak mungkin masuk ke sarana resmi karena izin edarnya dicabut kalau memang ini diidentik dengan somadril atau Carnophen, cuma kita kan menunggu hasil uji lab dari Badan POM," terangnya, Jum'at (15/9/2017).

Selain itu, dirinya meminta agar masyarakat yang menemukan kecurigaan terhadap obat-obat tertentu dapat melaporkan ke dinas kesehatan terdekat atau BPOM. Apalagi obat-obatan ini tidak dibeli di sarana legal.

"Masyarakat jangan mudah untuk terpengaruh dari orang tertentu konsumsi obat ini atau itu, kalau belum tau khasiat dan manfaat, kalau ada kecurigaan segera hubungi dinas kesehatan dan BPOM, kalau ada yang nawarin obat secara perorangan jangan mau apa lagi enggak kenal orangnya," pesannya.

Dirinya juga berharap lembaga pendidikan seperti sekolah turut mensosialisasikan dampak penyalahgunaan obat-obatan kepada siswa untuk memberikan pemahaman.

"Orangtua dan tenaga pendidik di sekolah mari kita sama-sama ingatkan anak-anak kita, kami dinkes ada gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat, salah satunya memilih menggunakan obat," tutupnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved