BangkaPos/

UBB Prakarsai Berdirinya Ikatan Mahasiswa Peduli Halal

Universitas Bangka Belitung (UBB) bekerjasama dengan LPPOM MUI ) Bangka Belitung membentuk Ikatan Mahasiswa Peduli Halal (Imapela)

UBB Prakarsai Berdirinya Ikatan Mahasiswa Peduli Halal
istimewa
Foto acara Kampanye Halal Lifestyle sekaligus pembentukan Ikatan Mahasiswa Peduli Halal (Imapela) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Universitas Bangka Belitung (UBB) melalui program pengabdian masyarakat tingkat Universitas 2017 bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI ) Bangka Belitung mengadakan acara Kampanye Halal Lifestyle, 12 September 2017.

Acara ini juga diisi dengan pembentukan Ikatan Mahasiswa Peduli Halal (Imapela) yang diketuai Budi Afriyansyah.

Budi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menjadi aktor penting dalam mengkampanyekan “Halal sebagai Gaya Hidup”, baik di kalangan civitas akademika dan masyarakat.

"Universitas Bangka Belitung sangat mendukung adanya kegiatan ini dan harapannya tindak lanjut seperti pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Halal Center dapat terwujud," ungkapnya.

Acara Kampanye Halal Lifestyle dibuka oleh Wakil Rektor I, Dr.Ir. Ismed Inonu,M.Si yang dihadiri oleh 46 mahasiswa dengan diikuti oleh beberapa universitas negeri maupun swasta di Bangka Belitung.

Direktur LPPOM MUI Bangka Belitung, Nardi Pratomo mengucapkan terimakasih atas dukungan UBB sebagai tuan rumah dalam acara ini, sehingga terbentuk Ikatan Mahasiswa Peduli Halal (IMAPELA) Bangka Belitung.

"IMAPELA ini diharapkan menjadi salah satu aktor maupun inisiator untuk membantu menginformasikan kepada masyarakat betapa pentingnya produk pangan, obat-obatan dan kosmetika yang halal," paparnya.

Nardi mengatakan, halal menjadi kebutuhan mendasar semua manusia dan sudah menjadi trend secara global atau mendunia, yang didukung oleh  terdapat 44 lembaga halal luar negeri yang telah diakui oleh LPPOM MUI.

Selain Itu, ia berharap kerjasama antara UBB dan LPPOM MUI ini terus berjalan sehingga terjalin sinergitas yang mutualisme antara LPPOM MUI dengan pihak UBB.

Imapela juga diharapkan menjadi salah satu aktor bersama LPPOM MUI Bangka Belitung untuk menjelaskan pentingnya halal ke masyarakat luas.

Sebagai contoh Halal Corner di setiap kabupaten atau kota, maupun ke sekolah-sekolah yang dikenal dengan Halal Go To School, Olimpiade Halal, dan berbagai kegiatan lain.

Selain itu, Imapela diharapkan menjadi salah satu aktor untuk mendukung Undang-undang (UU) Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) di Bangka Belitung.

Sehingga semakin banyak produk halal yang beredar di Bangka Belitung.

Kondisi ini akan menimbulkan suasana yang kondusif bagi kehidupan bermasyarakat di negeri laskar pelangi dan sepintu sedulang.

Penulis: khamelia
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help