ABI Zumi Ajarkan Trik dan Tips Dagang Cukup Pakai Kain Sarung Omzet Puluhan Juta

Bagaimana rasanya berdagang cukup pakai kain sarung di rumah tapi bisa beromzet puluhan juta?

ABI Zumi Ajarkan Trik dan Tips Dagang Cukup Pakai Kain Sarung Omzet Puluhan Juta
Bangkapos/Nurhayati
Pelatihan optimalisasi media (marketing) online pemuda desa yang diselenggarakan Lembaga Pembinaan Insani (LPI) bekerjasama dengan Pemkab Bangka, Sabtu (16/9/2017) di Novilla Boutique Resort Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bagaimana rasanya berdagang cukup pakai kain sarung di rumah tapi bisa beromzet puluhan juta?

Trik dan tips inilah yang ingin dibagi sang narasumber Helmi atau yang dikenal Abi Zumi kepada para Direktur BUMDes, kades serta mahasiswa yang ikut pelatihan optimalisasi media (marketing) online pemuda desa yang diselenggarakan Lembaga Pembinaan Insani (LPI) bekerjasama dengan Pemkab Bangka, Sabtu (16/9/2017) di Novilla Boutique Resort Sungailiat.

Menurut Direktur LPI Suripto, Abi Zumi pembicara dari Batam didatangkan khusus untuk membagikan ilmunya karena sejak tahun 2009 sudah sukses berbisnis online.

"Orang yang sukses berdagang jika dalam sebulan mampu terjual 3000 eksemplar. Abi Zumi mampu menjual 3.000 eksemplar dalam satu minggu. Satu tahun puluhan ribu eksemplar bukunya terjual. Cukup jualan pakai kain sarung. Group parenting bisnisnya kini punya 8.000 member. Bisnisnya termasuk property," ungkap Suripto.

Diakuinya, latar belakang diadakannya pelatihan ini ketika saat peringatan HUT Kota Sungailiat diadakan bazar disana di sangat banyak produk khas desa.

Ada desa yang sudah menggunakan sosial media untuk memasarkan produknya tetapi belum banyak.

"Untuk itu LPI ingin menjadi bagian dalam mengolah potensi desa. Pelatihan optimalisasi marketing online ini, agar produk tidak hanya dipasarkan di tingkat lokal tapi secara nasional. Dengan latihan ini bisa jadi mampu memasarkan produk bernilai hingga di tingkat internasional," kata Suripto.

Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Pemkab Bangka untuk mengadakan pelatihan ini.

Mereka mengusulkan kepada Bupati Bangka H Tarmizi Saat yang kemudian disarankan untuk membuat proposal dan dikucurkanlah dana hibah.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved