BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Terumbu Karang Perairan Pulau Dante Andalan Nelayan Bukit Tulang

Sejak tercemar limbah, ikan ada berkurang. Tapi kadang-kadang juga banyak ikannya, padahal kalau dikelola untuk spot mancing

Terumbu Karang Perairan Pulau Dante Andalan Nelayan Bukit Tulang
ist
dermaga pulau dante 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Karang-karang ikan di sekitar Pulau Dante, selama ini menjadi rumah ikan. Nelayan khususnya Bukit Tulang Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu dan sekitarnya lebih banyak mengandalkan perairan Pulau Dante sebagai daerah tangkap.

Perairan tersebut sebenarnya dapat dijadikan spot fishing, hanya saja belum dikelola.

"Sejak tercemar limbah, ikan ada berkurang. Tapi kadang-kadang juga banyak ikannya, padahal kalau dikelola untuk spot mancing, disitu potensial," jelas Kadus Bukit Tulang Thamrin kepada bangkapos.com Minggu (17/9/2017).

Tambatan perahu nelayan di Hutan Bakau Kawasan Pulau Dante Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.
Tambatan perahu nelayan di Hutan Bakau Kawasan Pulau Dante Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka. (Bangka Pos / Nurhayati)

Namun sejak ada aktivitas TI apung di DAS Perimping, terumbu karang di Dante terkena dan tercemar limbah kegiatan tambang tersebut.

Sebelumnya, Sekdes Riding Panjang Iskandar Zulkarnain mengatakan, perairan di Pulau Dante potensial untuk spot fishing, hanya saja belum digarap secara optimal, termasuk Pulau Dante juga potensial dikembangkan sebagai objek wisata alam.

"Mungkin Pulau Dante akan maju untuk kunjungan wisata, setelah infrastruktur jalannya mulai dari Riding Panjang sampai Bukit Tulang nanti ditingkatkan (di aspal), karena infrastruktur perannya vital bagi kemajuan sektor pariwisata," ujar Iskandar.(*)

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help