Home »

Lokal

» Bangka

Diangkat Jadi Komisioner Bawaslu Babel, Dua Komisioner KPU Bangka Hengkang

Berbeda dengan biasanya Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka saat ini tidak lagi lengkap lima komisioner.

Diangkat Jadi Komisioner Bawaslu Babel, Dua Komisioner KPU Bangka Hengkang
(nurhayati/bangkapos.com)
H Zulkarnain 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Berbeda dengan biasanya Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka saat ini tidak lagi lengkap lima komisioner.

Saat penandatanganan kerjasama tentang program pengembangan operasional (PPO) dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Pangkalpinang, Senin (18/9/2017) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka, hanya dihadiri Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain dan dua komisioner KPU Kabupaten Bangka yakni Siti Aminah dan M Hasan.

Sedangkan dua komisioner KPU Kabupaten Bangka Andi Budi Yulianto dan Firman TB Pardede diangkat menjadi Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel.

Kendati belum dilantik secara resmi sebagai Komisioner Bawaslu Babel keduanya tidak hadir saat penandatanganan kerjasama PPO dikarena menghadiri persiapan kegiatan pelantikan Komisioner Bawaslu Babel.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Bangka, H Zulkarnain sesuai aturan ketika ada komisioner yang mengundurkan diri dari KPU Kabupaten Bangka selanjutnya akan digantikan dengan dua nama hasil seleksi KPU Kabupaten Bangka.

"Kalau satu orang berarti peringkat ke enam, karena ini dua orang berarti peringkat enam dan tujuh berdasarkan hasil Timsel kemarin itulah yang kita surati untuk kesediaan mereka mengantikan posisi komisioner kita yang sudah diterima di bawaslu provinsi," jelas Zulkarnain kepada bangkapos.com, Senin (18/9/2017) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka.

Dijelaskannya, dari hasil seleksi KPU Kabupaten Bangka, di posisi ke enam ditempati Sandy dan ke tujuh, Anas. Sedangkan posisi ke delapan ditempati Imam Supiar, sembilan Juniarsyah dan ke 10, Jumli.

Namun jika keduanya tidak bisa mengantikan dua anggota KPU Kabupaten Bangka yang hengkang tersebut, maka akan digantikan peringkat selanjutnya hingga peringkat ke 10.

"Artinya jika peringkat enam dan tujuh tidak bisa maka kembali ke peringkat delapan dan sembilan. Kalau tidak bisa semua dak tahu saya bagaimana," ungkap Zulkarnain.

Kedua komisioner KPU Kabupaten Bangka yang menjadi Komisioner Bawaslu Babel tersebut tidak lagi menjabat sebagai Komisioner KPU Kabupaten Bangka secara resmi setelah mereka dilantik sebagai Komisioner Bawaslu Babel.

"Artinya secara de facto pada saat pelantikan, karena mereka otomatis mengundurkan diri dari KPU Kabupaten Bangka," kata Zulkarnain.

Dari informasi pelantikan Komisioner Bawaslu Babel akan dilantik pada tanggal 21 September 2017 nanti.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help