KPU Bangka Pilih BTN, Tampung Dana Hibah Pemkab Bangka untuk Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka melakukan kerjasama tentang program pengembangan operasional (PPO) dengan PT Bank Tabungan Negara

KPU Bangka Pilih BTN, Tampung Dana Hibah Pemkab Bangka untuk Pilkada
(nurhayati/bangkapos.com)
Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain bersama dengan Kepala Cabang PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Pangkalpinang Christophorus Setyawan, melakukan penandatanganan kerjasama tentang program pengembangan operasional (PPO) dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Pangkalpinang, Senin (18/9/2017) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka melakukan penandatanganan kerjasama tentang program pengembangan operasional (PPO) dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Pangkalpinang, Senin (18/9/2017) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka.

Penandatangan kerjasama ini dihadiri Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain dan dua komisioner KPU Kabupaten Bangka yakni Siti Aminah dan M Hasan.

Sedangkan dua komisioner KPU Kabupaten Bangka Andi Budi Yulianto dan Firman TB Pardede mengikuti kegiatan Bawaslu Babel karena mereka berhasil menjadi Anggota Bawaslu Babel.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain, bentuk kerjasama ini untuk penampungan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Bangka guna keperluan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bangka.

"Pada prinsipnya berdasarkan undang-undang terbaru KPU, dana hibah dari pemerintah daerah tidak langsung masuk ke KPU. Dana hibah dari Pemda Bangka ditarik dulu ke pusat baru diturunkan dalam bentuk DIPA. Kemudian dikembalikan lagi ke KPU Bangka dalam bentuk DIPA yang menjadi anggaran APBN," jelas Zulkarnain.

Diakuinya pihak KPU Kabupaten Bangka memilih Bank Tabungan Negara (BTN) karena pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan beberapa perbankan untuk penyaluran dana hibah ini.

Namun dari beberapa perbankan tersebut BTN yang langsung responsif.

"Bank lain juga ada cuma terlambat karena kita butuh cepat. Kecepatannya yang kita nilai. Jadi jatuhlah pilihan kami ke BTN. BTN sanggup penyaluran dana cepat dan kerjasama dengan kantor pos. BTN ini bank pemerintah apalagi kita lebih memfokuskan bank plat merah yang memang lembaga kerjasama dengan pemerintah. Itulah alasan kami memilih BTN," jelas Zulkarnain.

Di samping itu juga PT BTN Tbk Kantor Cabang Pangkalpinang memberikan bantuan operasional PPO untuk KPU.

Menurut Zulkarnain bantuan ini dijadikan aset KPU yang dicatat sebagai aset negara.

Bantuan operasional ini sangat membantu KPU Kabupaten Bangka karena KPU hanya bergantung pada dana hibah dari Pemkab Bangka untuk penyelenggaraan pilkada.

"Sebagai penyelenggara kami harus melaksanakan sesuai tahapan yang sudah ditetapkan KPU untuk pilkada. Kami sudah membentuk panitia adhoc anggaran agar tidak menyulitkan dan mempercepat mempercepat pencairan anggaran. Kami minta BTN agar tidak mempersulit," harap Zulkarnain.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved