BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Bulan Delapan Ada Moon Cake Festival di Belinyu

Masyarakat etnis Tionghoa di Belinyu, beberapa hari kedepan (bulan delapan tahun Imlek) akan melaksanakan sembahyang bulan.

Bulan Delapan Ada Moon Cake Festival di Belinyu
bangkapos
Mooncake

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masyarakat Tionghoa di Belinyu, beberapa hari kedepan (bulan delapan tahun Imlek) akan melaksanakan sembahyang bulan.

Dalam ritual itu nanti, juga akan digelar moon cake festival (festival kue bulan).

"Moon cake festival ini sebagai tradisi dan budaya leluhur kami. Di seluruh dunia dalam waktu yang sama juga di gelar acara itu, kalau moon cake festival di Indonesia, pelaksanaannya juga disesuaikan dengan budaya di Indonesia, moon cake festival di Belinyu, umumnya dilaksanakan di kelenteng-kelenteng, semua warga etnis ngumpul di kelenteng," kata Rudy Budiono juga anggota DPRD Kabupaten Bangka, kepada kepada bangkapos.com, Senin (18/9).

Sembahyang Bulan dilaksanakan untuk menghormati para leluhur. Biasanya saat sembahyang bulan dan semua masyarakat etni berkumpul jadi satu di Kelenteng, saat itu juga dilaksanakan pencarian bakat untuk mewarisi tradisi dan budaya lelulur.

"Sembahyang bulan untuk menghormati para leluhur. Pada saat sembahyang bulan, bulan delapan bulannya para dewa, saat sembahyang bulan dan moon cake festival, ramai lho," ujar Rudy.

Penulis: riyadi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help