BangkaPos/

Hadiri Acara 1 Muharam Jerambah Gantung, Molen Buka Dulang Paling Besar

Maulan Aklil atau yang akrab disapa Molen menghadiri acara 1 Muharam 1439 H di Masjid Al-Hikmah Jerambah Gantung

Hadiri Acara 1 Muharam Jerambah Gantung, Molen Buka Dulang Paling Besar
IST
Bakal Calon Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil atau yang akrab disapa Molen menghadiri acara 1 Muharam 1439 H di Masjid Al-Hikmah Jerambah Gantung Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang, Kamis (21/9/2017). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bakal Calon Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil atau yang akrab disapa Molen menghadiri acara 1 Muharam 1439 H di Masjid Al-Hikmah Jerambah Gantung Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang, Kamis (21/9/2017).

Hadir sebagai tamu undangan. Molen bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dalam kesempatan itu membuka dulang paling besar sebagai tanda dimulainya tradisi menyantap makanan bersama -sama (Nganggung) yang dibawa setiap warga sebagai bentuk rasa syukur pada Maha Kuasa.

Puluhan dulang lengkap dengan berbagai lauk pauk yang disapkan sejak pagi hari, langsung disantap bersama-sama dengan rasa kekeluargaan.

"Ini merupakan ciri khas tradisi Bangka Belitung, termasuk Pangkalpinang. Selain hari besar Islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, ada juga hari besar Islam seperti Maulid dan Muharam," ujar Molen.

Melalui tradisi Nganggung yang sudah membudaya di kalangan masyarakat ini, kata Molen, dapat menjadi momen penting dalam merepresentasikan kesejajaran dari semua orang dari berbagai latar belakang, baik jenjang kepangkatan, status sosial, maupun masyarakat biasa, duduk bersama menikmati hidangan sama-sama.

"Nah ini bisa jadi icon promosi daerah. Semua duduk bersama. Tak ada perbedaan, kita duduk bersama, kumpul, nikmati hidangan yang disajikan dengan rasa kekeluargaan. Nah inilah yang disebut indahnya kebersamaan," tukasnya. (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help