BangkaPos/

Terkendala Daftar CPNS, Ini Solusinya

Berkenaan dengan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap kedua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga sering menjadi kendala

Terkendala Daftar CPNS, Ini Solusinya
istimewa
Kepala Disdukcapil Hotmaria Ida mengurus dokumen administrasi kependudukan di kantornya 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Berkenaan dengan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap kedua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga sering menjadi kendala calon peserta.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida menjelaskan, berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 800/11139/Dukcapil tanggal 15 September 2017 tentang Pendaftaran CPNS, sudah menyebutkan beberapa kendala dalam pendaftaran CPNS.

Pertama, penduduk telah memiliki Nomor Kartu Keluarga (KK) baru namun masih mendaftar menggunakan Nomor KK lama.

Kedua, penduduk pindah datang tetapi tidak melapor dan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Ketiga, NIK tidak ditemukan sedangkan yang bersangkutan telah memiliki KTP elektronik.

"Kartu Keluarga yang telah diperbaharui agar disimpan dengan baik, jika melakukan perpindahan agar segera melapor ke dinas dukcapil di tempat yang baru karena batas waktu kedaluarsa surat pindah hanya 30 hari sejak dikeluarkan", ujarnya saat dihubungi posbelitung.com, Kamis (21/9/2017).

Berdasarkan pelaporan dari penduduk tersebut, tim Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri akan menginformasikan kepada yang bersangkutan untuk mendaftar kembali.

Ia menambahkan, beberapa solusi telah disiapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Di antaranya penduduk bisa memasukkan NIK dan Nomor KK baru atau NIK dan NIK Kepala Keluarga pada website pendaftaran CPNS.

Kemudia apabila masih terdapat kendala, maka penduduk dapat menghubungi Call Center Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri pada nomor 1500537 atau WA/SMS ke nomor 08118005373.

Selain alternatif di atas, penduduk juga bisa mengirimkan email ke callcenter.dukcapil@gmail.com dengan menyertakan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help